For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Tiga Kali Lipat dari Harga Kapal, Norwegia Butuh Rp20 Triliun Untuk Memperbaiki Fregat Helge Ingstad

Helge Ingstad setelah diangkat dari tenggelam

Norwegia kemungkinan memutuskan untuk memperbaiki kembali fregat Helge Ingstad, yang rusak parah setelah tenggelam setelah latihan NATO pada akhir 2018 meski biayanya sangat besar dibanding harga kapal itu sendiri.

Dari analisa yang dilakukan memperbaiki fregat KNM Helge Ingstad akan menelan biaya lebih dari NOK 12 miliar atau hampir Rp20 triliun atau tiga kali lipat dari biaya pembuatan kapal tersebut.

“Biaya perbaikan kapal akan melebihi NOK 12 miliar. Membangun yang baru akan lebih murah,” demikian penilaian kerusakan sebagaimana dikutip  surat kabar Bergens Tidende.

Penasihat komunikasi Badan Pertahanan Norwegia, Vigdis Hvaal mengatakan bahwa tidak ada komentar yang akan dikeluarkan hingga laporan tersebut resmi keluar pada Rabu, yang akan menentukan masa depan fregat itu.

Ini menetapkan anggaran militer Norwegia kembali NOK 4,3 miliar (hampir $ 500 juta) untuk membeli fregat. Kapal dikirim pada tahun 2009. Biaya penggantian Helge Ingstad belum diperkirakan, tetapi departemen pertahanan berpendapat bahwa memesan beberapa kapal sekaligus akan jauh lebih murah, karena memulai kembali produksi hanya dengan satu kapal dapat mengakibatkan tingginya secara tidak proporsional per biaya kapal.

“Ketika Anda berbicara tentang biaya yang terkait dengan membangun kapal baru, penting untuk diingat bahwa membangun satu saja jauh lebih mahal daripada membangun lebih banyak,” kata Badan Materi Pertahanan Norwegia menyimpulkan.

Harga untuk fregat baru diharapkan lebih rendah daripada biaya perbaikan. Dalam laporan tahunan mereka, Angkatan Bersenjata menulis bahwa relevan untuk mempertimbangkan menggunakan kembali perincian untuk kapal yang tersisa atau menjual dalam bentuk potongan baja.

Hilangnya KNM Helge Ingstad telah membuat kemampuan pertahanan Norwegia melemah dan menambah beban tambahan pada empat fregat yang tersisa.

“Kecelakaan itu akan memengaruhi kemampuan operasional, pengiriman, dan kesiapan Angkatan Bersenjata,” Angkatan Bersenjata mengakui.

Helge Ingstad bertabrakan dengan tanker berbendera Malta Sola pada November tahun lalu ketika kembali dari latihan Trident Juncture NATO.  Tidak ada korban jiwa tetapi tabrakan membuat kerusakan di lambung kapal sepanjang 45 meter dan kapal tenggelam tak lama setelah itu. Kapal tanker, hanya kerusakan kecil dan kembali beroperasi.

Fregat tetap di bawah air selama hampir empat bulan sebelum diangkat dan diangkut ke Haakonsvern di Bergen. Pada tanggal 10 April, fregat diluncurkan kembali setelah lubang ditambal menggunakan pelat baja.

Sejauh ini, menyelamatkan, menyelamatkan dan mengangkut biaya yang terkait dengan biaya kecelakaan NOK 726 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Baca juga:

Bertabrakan dengan Tanker, Inilah Kemampuan Frigate Kelas Fridjof Nansen Norwegia

Facebook Comments