For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

India Kembali Sewa Akula, Bagaimana Sejarah dan Kemampuan Kapal Selam Ini?

K-284 alias Akula pertama
K-284 alias Akula pertama

Karena Sierra bisa dikatakan gagal Soviet harus mencari cara lain untuk melawan SSN Kelas Los Angeles milik Amerika. Kali ini titanium ditinggalkan dan memilih menggunakan baja tetapi dengan desain dan kinerja yang sama dengan Kelas Sierra.

Soviet meluncurkan Project 971 atau Shchuka  yang oleh NATO disebut Akula dan menggusur berat lebih dari 8000 ton, yang membuatnya lebih berat dari Sierra dan mengurangi kinerjanya. Namun konstruksi baja masih memungkinkan untuk menyelam sampai kedalaman 600 yang sama dengan kemampuan Sierra.

Kapal selam baru ini menggunakan reaktor Sierra dan berbagai sistem lain tetapi dengan sebagian desain baru. Kapal pertama K 284 dibaringkan di Komsomol’sk pada tahun 1980 dan ditugaskan pada tahun 1984.

Fitur Kelas Akula memiliki delapan tabung torpedo, dengan masing-masing empat 650mm dan 533mm sedangkan beberapa kapal selam berikutnya seperti K-355 dan K-152 memiliki delapan tabung 533mm. Mereka bisa membawa 40 senjata (dibandingkan dengan 25 dari  LA Flight I dan 25 + 12VLS dari Flight 2 dan 688I) untuk torpedo tabung internal.

Torpedo 650mm secara khusus dirancang untuk menenggelamkan kapal permukaan besar seperti kapal kargo dan kapal induk, sedangkan torpedo 533mm digunakan untuk perang anti kapal selam dan untuk menghajar kapal permukaan menengah.

Kapal selam ini juga membawa Granit, rudal jelajah yang diluncurkan dari kapa sub meluncurkan rudal jelajah dengan jangkauan 3000km, jauh lebih tinggi jauh dari TLAM yaitu Tomahawk Land Attack Missile. (Granat tidak sama dengan rudal anti kapal Granit).

Selain itu keluarga rudal Klub juga dikabarkan akan disinkronkan dengan kapal selam kelas Akula. Akula dapat berjalan pada kecepatan terendam tertinggi lebih dari 35KN kecepatan permukaan 12KN. Kapal bisa menyelam 600 meter atau 200 m lebih dalam dibandingkan kapal selam Amerika yang paling baru.

Nakhoda Soviet biasanya akan berada di bawah 400m untuk menghindari kapal selam Amerika yang tidak bisa menyelam lebih dalam dari angka itu.

Akula K-317 dan K-328
Akula K-317 dan K-328

Akula berikutnya memiliki kemampuan lebih tinggi dan menggunakan sistem propulsi tenang yang membuat mereka lebih tenang dari Kelas Los Angeles. Keunggulan utama Akula terletak pada sonar array silinder di bawah tabung torpedo, selain itu dua radar di depan dan bagian belakang dan 4 wide array aperture dengan dua di setiap sisi.

Rumah radar Akula
Rumah radar Akula

Akula memiliki radar diderek bulat untuk meningkatkan kemampuan mendengarkannya. Mereka memiliki tingkat otomatisasi tingkat tinggi sehingga mengurangi jumlah awak menjadi sekitar 70 termasuk 30 perwira.

Sementara Akula yang ditingkatkan bisa digerakkan cukup oleh 60 awak meski Soviet tetap mempertahankan 70 awak di kapal ini. Sebgai perbandingan Kelas Los Angeles memerlukan 130 atau lebih awak untuk beroperasi pada efisiensi puncak.

akula-5
Akula

Los Angeles Kedodoran

Ketenangan Akula telah menjadikan kelas Los Angeles mulai kedodoran. Sangat berbeda dengan Victor yang berisik, Akula sangat sulit untuk dideteksi dan sebaliknya.

Akula secara teori telah mengungguli Los Angeles. Mereka bisa menyelam lebih dalam, membawa senjata lebih banyak, memakai aray diderek lebih baik.

Seperti Los Angeles, Akula juga terus ditingkatkan kemampuannya.  Kapal selam yang ditingkatkan bisa mengalahkan Los Angeles Flight 2 dan peningkatan selanjutnya bisa membuat Los Angeles Flight 3 tidak berdaya.

Aspek penting lainnya adalah kehadiran aperture arrays lebar yang memberikan kesadaran 360 derajat dan ini tidak dimiliki kelas Los Angeles. Kemampuan ini baru diakuisi oleh Kelas Seawolf dan Virginia yang pada gilirannya nanti akan kita bahas juga.

Rusia berhasil memproduksi 15 kapal selam Akula dengan lima telah penisun, sembilan masih dalam layanan dan satu kapal  yakni K-152 Nerpa disewa Angkatan Laut India dan diberi nama INS Cakra. Ada rumor bahwa sempat ingin Nerpa tapi memutuskan untuk tidak melakukannya

Dua kapal selam yang tidak selsai dan 1 lambung daur ulang yang nantinya digunakan untuk membangun SSBN kelas Borei, sedangkan dua kapal selam lainnya dibatalkan. Satu lagi Akula bernama Irbis telah jadi sekitar 60% dan paling mungkin akan diselesaikan untuk juga disewakan kepada angkatan laut India.

Ada negosiasi berlangsung kemungkinan sewa Kashalot K-322 ke India juga setelah modernisasi dia untuk menutup kekuatan India sampai kapal selam nuklir yang dibangun India benar-benar siap tempur.

Apa respons Amerika selanjutnya? Pentagon kemudian bekerja yang melahirkan kapal selam paling canggih yakni Kelas Seawolf. Tetapi seperti Sierra, kapal ini akhirnya dihentikan karena terlalu mahal dan kemudian berpindah ke Kelas Virgnia. Pada kesempatan lain kita bahas kapal selam ini. Termasuk kapal selam kelas Yasen Rusia.

Tata letak Akula

akula

  1. Decoy Launchers
  2. Emergency Popup Buoy
  3. SOKS Sensor
  4. Sonary Arrays
  5. Periscope
  6. Rescue Pod
  7. ESM and Comms Antennae
  8. Diesel Engine Exhaust
  9. Scuppers (hole in the outer hull)
  10. Towed Array Sonar Housing
  11. Screw
  12. Overflow
  13. Auxiliary Thruster Housing
  14. Cooling Water outlet
  15. Drain Holes
  16. Bow Diving Plane housing
  17. Torpedo Tubes

 

Facebook Comments