For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Beberapa Istilah Terkait Senjata Nuklir Yang Kerap Didengar Tapi Sulit Dipahami

Rudal nuklir Amerika /USAF

Senjata nuklir adalah ciptaan manusia yang paling menakutkan. Dalam hitungan menit, satu negara bersenjata nuklir dapat meratakan puluhan kota, menyebarkan dampak radioaktif dalam radius ratusan atau ribuan mil serta merusak iklim Bumi.

Kebanyakan orang akrab dengan sejumlah istilah seperti uranium atau plutonium dan – kaboom! – Anda memiliki ledakan nuklir. Tetapi rincian tentang bagaimana perangkat rumit ini dibuat, dikirim, dan dikendalikan dapat membuat perbedaan antara menjaga perdamaian dan memicu bencana.

Sebenarya banyak terminologi berbelit-belit di sekitar senjata nuklir. Ada kata-kata seperti isotop, tritium, dan yellowcake; singkatan seperti HEU, LEU, SSBN, dan CVID; dan perbedaan yang terlihat kecil tetapi sangat berbeda antara uranium-235 dan uranium-238.

Berikut beberapa istilah yang mungkin perlu untuk dipahami tentang hal-hal seputar senjata nuklir. Kalau akhirnya tetap bingung, ya sudahlah terima saja,  karena beberapa istilah memang sangat teknis dan ilmiah

Business Insider

Senjata nuklir

Alat peledak konvensional dengan cepat membakar bahan kimia untuk menyebabkan ledakan. Sedangkan senjata nukli seperti bom atau hulu ledak – membagi atom untuk melepaskan ribuan kali lebih banyak energi.

Namun istilah “senjata nuklir” juga dapat merujuk pada kendaraan yang mampu mengirimkan serangan nuklir, seperti misil, jet tempur, pembom siluman, dan peluncur mobile seperti truk. Jika dinosaurus terbang hidup hari ini dan dilatih untuk menjatuhkan bom nuklir, makhluk itu dapat dianggap sebagai senjata nuklir.

Selama inspeksi senjata seperti yang dilakukan antara Amerika dan Rusia, hulu ledak nuklir sebenarnya tidak menjadi perhatian utama atau bakna disembunyikan. Kendaraan, rudal, dan peluncur atau teluk pemboman yang menjadi fokusnya. Tanpa mereka, hulu ledak tidak dapat mencapai tempat dengan cepat.

Business Insider

Intercontinental ballistic missile (ICBM)

Sebuah ICBM sebenarya adalah roket luar angkasa yang dapat meluncurkan perangkat destruktif di atasnya dan membawanya dari satu negara ke negara lain dalam busur yang tinggi.

Secara teknis, ICBM adalah rudal yang mampu mengirimkan hulu ledak pada jarak lebih dari 3.415 mil jauhnya. Silo misil di Amerika tempat mereka disimpan disebarkan di seluruh negara, dengan sebagian besar ditempatkan di Amerika tengah. Pada 2018, Amerika memiliki 800 ICBM di gudangnya sementara Rusia memiliki hampir 1.140 ICBM.

Business Insider

Fallout

Fallout menggambarkan sisa-sisa senjata nuklir yang berbahaya seperti awan debu, kotoran, pasir, kerikil, dan serpihan puing yang telah mengandung radiasi oleh ledakan.

Bom atau hulu ledak yang diledakkan di dekat tanah sangat meningkatkan kerusakan dengan menghisap tanah dan puing, menyinari, dan menyebarkannya ke lusinan jika tidak ratusan mil. Partikel yang sangat halus dapat mengelilingi bola bumi dan dideteksi oleh pesawat khusus.

Business Insider

Isotop

Setiap elemen pada Tabel Periodik memiliki identitas kimia yang unik tetapi dapat memiliki bobot yang berbeda, atau isotop.

Sebagai contoh, hidrogen adalah atom terkecil dan biasanya terbuat dari satu proton bermuatan positif di nukleus atau inti. Nama singkatnya, H-1, menentukan berat atomnya. Jika neutron tanpa muatan ditambahkan, Anda mendapatkan isotop deuterium, atau H-2. Tambahkan dua neutron dan Anda memiliki isotop tritium, atau H-3.

Ketiga bentuk hidrogen memiliki unsure kimia yang hampir identik. Tetapi sifat mereka sangat berbeda: deuterium dan tritium dapat memicu ledakan termonuklir karena mereka agak tidak stabil dan cenderung pecah, sedangkan hidrogen biasa tidak bisa.

Business Insider

 

Uranium – termasuk U-238, U-235, dan U-233

Uranium adalah elemen padat dan bahan utama dalam produksi senjata nuklir. Elemen ini terjadi secara alami dalam bijih dan mineral dan memiliki beberapa isotop penting.

U-238 membentuk sekitar 99,27% uranium alam. Kurang dari 1% dari uranium dalam bijih adalah U-235 yakni bahan aktif yang dapat digunakan untuk bahan bakar reaktor nuklir atau bom.

U-235 spesial karena menjadi sangat tidak stabil ketika menangkap neutron terbang. Penangkapan ini menyebabkan ia terpecah (dikenal sebagai fission), melepaskan sejumlah besar energi  dan menembak lebih banyak neutron. Neutron-neutron tersebut kemudian dapat memecah atom-atom lain dari U-235 dalam reaksi berantai.

Meskipun plutonium sekarang menjadi bahan pembuat bom yang disukai, U-235 digunakan dalam bom yang dijatuhkan AS di Hiroshima pada tahun 1945.

U-233 adalah isotop lain yang siap untuk dibuat senjata, tetapi hanya dibuat di dalam reaktor khusus yang tidak ada lagi (untuk saat ini).

Business Insider

Plutonium, termasuk Pu-238, Pu-239, dan Pu-240

Plutonium adalah unsur logam yang tidak terjadi di alam, dan ini paling sering mengacu pada isotop Pu-239: bahan baku untuk senjata nuklir modern.

Hanya reaktor nuklir yang bisa membuat Pu-239. Mereka melakukannya dengan menyinari U-238 dengan neutron. Plutonium kemudian dapat dipisahkan dari uranium, terkonsentrasi, dan dibentuk menjadi inti senjata nuklir.

Pu-239 dapat lebih mudah memicu ledakan nuklir daripada uranium, dan dengan lebih sedikit material; sekecil sekitar 10 lbs bisa cukup.

Plutonium-240 adalah produk sampingan radioaktif yang tidak diinginkan dari membuat Pu-239. Itu bisa membuat bom meledak secara prematur dan gagal karena itu cukup radioaktif. Pu-238 adalah produk sampingan dari produksi senjata Perang Dingin yang menghasilkan banyak kehangatan dan kekuatan untuk misi NASA di ruang angkasa yang gelap dan dingin.

Business Insider

Yellowcake Uranium

Yellowcake adalah bubuk uranium oksida yang dibuat dengan mengeluarkan uranium dari bijih alami dan memperlakukan secara kimia. Terlepas dari namanya, warnanya kadang coklat atau hitam.

Berbentuk bubuk Yellocake adalah bentuk uranium alami terkonsentrasi – sekitar 99,72% U-238 dan 0,72% U-235. Ini adalah komoditas penting karena dapat ditimbun dan kemudian diproses untuk mengekstrak dan memperkaya U-235.

NEXT
Facebook Comments