For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Gerombolan Siluman Raptor

Angkatan Udara Amerika melanjutkan kembali strateginya melawan kekuatan besar dengan menunjukkan tampilan kesiapan profil tinggi armada pesawat tempurnya.

Kali ini, Wing ke-3 yang berbasis di Elmendorf AFB di Anchorage, Alaska memamerkan kekuatannya dengan secara bersamaan mengeluarkan 24 jet tempur siluman F-22 Raptor, pesawat E-3 Sentry Airborne Warning & Control System, dan pesawat kargo C-17 Globemaster III dalam elephant walk.

Unjuk kekuatan ini berlangsung pada 26 Maret 2019. Kesiapan tempur Wing ini memang penting karena akan menjadi yang pertama terbang ke zona krisis di wilayah Pasifik. Selain itu, F-22 dan E-3 yang berbasis di Elmendorf AFB adalah ujung tombak pertahanan udara Amerika untuk wilayah udara luas yang berhadapan dengan wilayah Rusia sendiri dan wilayah Arktik yang semakin strategis.

Di pangkalan ini sepasang F-22 yang dipersenjatai akan siap 24 jam setiap harinya untuk diterbangkan dengan cepat. Sering kali, E-3 mengikuti tepat di belakang mereka. Misi ini semakin sering dilakukan setelah Rusia kembali bangkit dan semakin sering melakukan penerbangan dengan bomber mereka di kawasan Alaska.

Pada skala yang lebih besar, selama operasi besar, penerbang di Elmendorf AFB harus mampu menerbangkan sebanyak-banyaknya Raptor dalam waktu sesingkat-singkatnya. Jadi elephant walk ini bukan hanya untuk pamer kekuatan,  ini adalah pelatihan tempo tinggi.

Perlu juga dicatat bahwa setiap F-22 dalam foto ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar eksternal 600 galon. Artinya  mereka dikonfigurasi untuk bersiap terbang jarak jauh bahkan ke luar neger.

 

 

Facebook Comments