For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Mata Rusia di Langit Suriah

Sebuah foto yang cukup menarik dari pesawat pengintai Tu-214R Rusia saat terbang di atas Suriah. Pesawat ini dikembangkan dari Tu-214 komersial.

Tidak ada keterangan tanggal kapan foto yang dirilis Angkatan Udara Rusia ini diambil. Yang jelas memang beberapa kali Rusia mengirimkan pesawat mata-mata terbarunya tersebut ke medan perang Suriah untuk melawan ISIS sekaligus membantu Suriah mengalahkan kelompok pemberontak.

Pesawat dengan kode RF-64514  ini dibangun oleh KAPO  (Kazan Aircraft Production Association)dan diluncurkan dari jalur perakitan di Kazan-Borisoglebskoye Rusia pada 31 Oktober 2014. Penerbangan pertamanya berlangsung pada 1 April 2015.

Sejak Februari 2016, penerbangan Pesawat ELINT (Electronic Intelligence) dan SIGINT (Signal Intelligence), yang juga dilengkapi dengan sistem radar segala cuaca dan sensor elektro-optik paling modern ini, secara teratur dikerahkan ke Suriah.

Dengan semua sensor, Tu-214R dapat mencegat sinyal yang dipancarkan oleh sistem musuh baik itu sinyal radar, pesawat, sistem pesawat, radio, kendaraan tempur, ponsel, stasiun komando dan kontrol, dan sebagainya.

Seperti halnya pesawat ELINT dan SIGINT barat, Tu-214R kemungkinan besar juga mampu membuat melakukan Electronic Oeder of Battle (EOB) pasukan musuh. Dengan EOB, komandan dapat menganalisis dari lokasi mana musuh beroperasi, peralatan apa yang mereka gunakan dan dengan data intelijen yang terkumpul para komandan ini juga dapat menganalisis apa langkah musuh selanjutnya.

Facebook Comments