For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Di Gua-Gua Rahasia Norwegia, Amerika Menyimpan Senjatanya

Foto udara ini diambil pada 1997 foto udara menunjukkan pintu masuk ke fasilitas gua militer AS di daerah Trondheim tengah Norwegia. (Departemen Pertahanan foto courtesy of Arsip Nasional)

Amerika kerap mengirimkan pasukan ke Eropa untuk melakukan latihan. Jangan membayangkan mereka dikirim lengkap dengan senjata berat seperti tank. Semuanya sudah ada di Eropa. Tetapi di mana ditempatkan senjata-senjata tersebut?

Sebagian besar tempat penyimpanan senjata Amerika di Eropa ini dirahasiakan. Namun di Norwegia diketahui mereka disimpan di gua-gua yang ada di bawah gunung di kawasan pedesaan.

Persenjataan di Norwegia kebanyakan milik Korps Marinir Amerika.  Korps Marinir mulai menyimpan kendaraan, senjata, dan persediaan lain di gua-gua di Norwegia saat Perang Dingin dalam upaya untuk memposisikan peralatan jika terjadi konflik.

Setelah perang dingin berakhir jumlah senjata yang disimpan memang berkurang. Banyak persenjataan dari gua ini yang pada 2003 ditarik keluar untuk diboyong ke Irak. Namun setelah ketegangan dengan Rusia kembali meningkat, stok senjata di gua-gua tersebut kini ditambah lagi.

Menurut Task and Purpose senjata-senjata berat itu disimpan di enam gua di wilayah Trondheim di Norwegia tengah. Lokasi pastinya tidak diketahui.

Tiga gua memiliki segalanya, mulai dari rolling stock hingga artileri yang ditarik. Tiga lainnya untuk menyimpan amunisi. Ada cukup peralatan dan makanan untuk menampung 4.600 marinir selama beberapa minggu pertempuran.

Marinir Amerika pada 2018 sempat mengeluarkan sedikitnya 30 kendaraan lapis baja dari gua-gua ini untuk bergabung dengan latihan NATO. Latihan berlangsung dari 7 Mei hingga 18 Mei 2018 di Finlandia selatan, yang memiliki perbatasan panjang dengan dengan melibatkan sekitar 150 kendaraan lapis baja dan 300 kendaraan militer lainnya.

Penempatan senjata di Norwegia pertama kali ditandangani pada 1981. Negara ini memang cukup strategis karena menjadikan peralatan Marinir lebih dekat untuk digunakan di Eropa, Afrika dan Timur Tengah.

Facebook Comments