For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Tomahawk Vs Nirbay Vs Babur, Mari Bandingkan

Rudal Tomahawk

Amerika Serikat memiliki rudal legendaris yang disebut Tomahawk. Rudal jelajah serangan darat yang diluncurkan dari kapal. Rudal ini sudah ikut dalam banyak kampanye militer Amerika di berbagai negara dan kerap menjadi pemukul pertama.

Tetapi teknologi ini bukan monopoli Amerika. Banyak negara yang telah membangun rudal sejenis termasuk India dan Pakistan, India mengembangkan sejumlah rudal sekelas dengan Tomahawk adalah Nirbhay.  Sedangkan Pakistan tidak mau kalah bahkan lebih dahulu dari India dengan telah memproduksi Babur.

Bagaimana perbandingan ketiganya? Mari kita lihat dari berbagai sisi

tomahawk
Tomahawk

Diskripsi Rudal

Tomahawk Land Attack Missile (TLAM) adalah rudal segala cuaca, jarak jauh, rudal jelajah subsonik dan digunakan untuk perang serangan darat, Diluncurkan dari kapal permukaan US Navy  dan Royal Navy Submarines.

India Nirbhay adalah rudal semua cuaca-murah, jarak jauh ,  subsonik yang mampu diluncurkan dari berbagai platform di darat, laut dan udara dan akan dilantik untuk   Angkatan Laut India, Angkatan Darat dan Angkatan Udara.

Babur Pakistan adalah yang rudal serangan darat pertama yang dikembangkan oleh Pakistan. Rudal jelajah ini pada kisaran kecepatan  subsonik yang diluncurkan dari darat Kendaraan peluncur, kapal perang dan kapal selam.

Nirbhay

Desain dan Hulu ledak

Keluarga rudal Tomahawk Amerika Serikat terdiri dari jumlah rudal bertenaga mesin jet subsonik,   dirancang untuk menyerang berbagai target permukaan.Tomahawk memiliki desain modular, yang memungkinkan berbagai hulu ledak (nuklir dan konvensional),  dan kemampuan jangkauan. Saat ini hanya ada varian yang diluncurkan dari laut yang masuk dalam layanan.

Nirbhay India adalah rudal dua  tahap  dan mampu membawa 24 jenis hulu ledak nuklir. Ukuran Nirbhay tidak terlalu besar karena   tanpa penguat type.  Diluncurkan dengan   dan  kemudian berubah menjadi pesawat dan memiliki sayap dan ekor sirip.

Babur Pakistan dibuat dengan pesawat tubular, dengan sepasang sayap terlipat melekat pada bagian tengah dan empennage di belakang bersama dengan propulsi system.Propelled oleh salah satu jet turbofan atau turbojet engine. Rudal ini  mampu membawa hulu ledak konvensional atau nuklir .

Babur Pakistan
Babur Pakistan

Fitur Utama

Tomahawk Blok III versi USA menggabungkan perbaikan mesin, sebuah hulu ledak sensitif dan jangkauan lebih panjang, waktu-dari, kontrol kedatangan dan kemampuan navigasi yang dapat mengurangi waktu misi-perencanaan dan meningkatkan navigasi dan accuracy. Terminal Enhancements termasuk peningkatan fleksibilitas memanfaatkan dua arah komunikasi satelit, meningkatkan  tanggap dengan jadwal peluncuran yang lebih cepat.

Nirbhay ledakan landas seperti roket dan tidak seperti dari rudal lain itu berubah menjadi aircraft. Setelah peluncurannya di awal penerbangan roket jatuh dan sayap kecil keluar  dan  turbin gas bekerja  berubah menjadi aircraft. Memiliki kemampuan sangat bermanuver dan biaya efisien dan dapat terbang di ketinggian  poho serta tidak dapat terdeteksi pada musuh radar.

Rudal Babur  Pakistan  memiliki tingkat maneuver tinggi  dan memiliki kemampuan menyusaikan ketinggian medan  yang membantu rudal untuk menghindari deteksi radar musuh .Diluncurkan denga nroket pendorong memberikan dorongan tambahan untuk mempercepat rudal  . Setelah peluncuran sayap terkembang , booster roket dibuang dan mesin jet dimulai.

perbandingan

Facebook Comments