For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Yak-130 Membuktikan, Jet Tempur Rusia Bukan Hanya Flanker dan Fulcrum

M-346 Master
M-346 Master

Yak-130 adalah pesawat latih tempur lead-in yang terbukti dengan kemampuan tempur yang juga dapat berfungsi dalam jenis perang kontra-pemberontakan seperti yang dialami Angkatan Udara AS ketika ada di Afghanistan, Irak dan Suriah.

Jelas Amerika tidak akan membeli Yak-130. Tapi Angkatan Udara mungkin ingin mendapatkan pesawat sebaik ini. Angkatan Udara AS saat ini sedang mencari untuk membeli 350 unit dari lift baru untuk menggantikan T-38 Talon tua. Dan salah satu yang bersaing adalah pesawat M-346.

Pesawat M-346 Master buatan Italia sebenarnya Yak-130 dengan nama lain. Pesawat ini mirip dengan buatan Rusia karenamemang muncul berkat kesepakatan kerjasama antara Yakovlev dan perusahaan Italia Aermacchi di awal 1990-an yang kemudian pecah di tengah jalan

Yak-130
Yak-130

Aermacchi sedikit memperkecil Yak-130, memberikan sistem kontrol baru digital fly-by-wire dan kokpit digital canggih.

Memang, perusahaan Rusia telah menerima juta dolar untuk cetak biru yang diserahkan kepada Aermacchi. Saat ini, M-346 adalah pesaing untuk Angkatan Udara AS jet pelatih baru. M-346 telah ditawarkan ke Amerika sebagai T-100 dan juga telah menemukan pembeli yakni Singapura, Polandia dan Israel.

Yang menarik negara-negara yang menggunakan M-346 sebagian adalah mereka yang nantinya akan memiliki F-35. Termasuk Amerika jika memilih pesawat ini sebagai pesawat latih Italia, juga akan menggunakan pesawat ini untuk melatih pilot Lightning II. Israel dan Singapura pun demikian. Itu artinya pilot Rusia dan Amerika dan sekutu-sekutunya ditakdirkan untuk melatih pilot generasi kelima mereka yakni F-35 dan T-50 dengan pesawat yang sangat mirip.Bahkan dari satu sumber yakni Yakolev.

Facebook Comments