For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Jet Tempur F-14 Tomcat Kembali ke Dek Kapal Induk

Jet tempur F-14 Tomcat sudah lama dipensiun dari Angkatan Laut Amerika Serikat. Tetapi kini tampak sebuah jet tempur legendaris tersebut kembali ke dek penerbangan kapal induk lengkap membawa rudal Sidewinder AIM-9. Apakah Tomat akan kembali ke medan tempur?

Tidak. Jangan salah duga. Jet tempur tersebut diambil dari penyimpanan sebagai bagian dari pengambilan gambar film Top Gun II yang sedang digarap.  Foto-foto bocor dari Tom Cruise berinteraksi dengan F-14 di tempat penampungan pesawat bersalju di bandara dekat Danau Tahoe dan juga memotret beberapa adegan di sekitarnya.

Jet tersebut merupakan pesawat sungguhan yang kemungkinan ditarik dari museum, juga memiliki tanda phoenix khusus yang unik untuk film itu. Sekarang jet yang sama telah muncul di atas kapal induk Angkatan Laut Amerika yang beroperasi di Naval Station North Island di San Diego.

Gambar menunjukkan kru produksi bekerja di sekitar Tomcat yang diposisikan di salah satu dari dua ketapel kapal induk. Jadi, sangat mungkin bahwa pesawat ini akan terlihat beroperasi dari kapal induk dalam film. Rupanya, badan pesawat itu juga digunakan untuk adegan pemotretan di NAS North Island, yang terhubung dengan pangkalan angkatan laut.

Sebagaimana dilaporkan War Zone Jumat 15 Februari 2019, dalam foto-foto itu, Tomcat juga membawa Sidewinder AIM-9 dengan pita oranye, yang menunjukkan itu adalah senjata asli. Ini tentu untuk keperluan syuting.  Kapal induk USS Theodore Roosevelt juga dikabarkan akan digunakan untuk produksi film. Ada kemungkinan bahwa ia akan berlayar membawa jet tempur ini di atas kapal untuk pengambilan gambar Tomcat saat di laut.

Yang perlu diingat bahwa ini bukan pesawat yang bisa terbang. Pesawat menggunakan penyangga statis untuk rekaman darat. Tidak ada Tomcat terbang di mana pun di dunia selain di Iran. Angkatan Laut mempensiun jenis ini pada tahun 2006 dan sebagian besar dipotong atau didemiliterisasi dan dikirim ke museum.  Mendapatkan satu terbang untuk film akan sangat mahal dan hampir tidak mungkin.

Terlepas dari itu, Tomcat kembali naik kapal induk operasional untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade pensiun akan membawa memori di hati banyak orang yang tetap menjadi penggemar berat sayap ayun buatan Grumman ini.

Facebook Comments