For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Senjata Yang Bisa Diandalkan China untuk Menggempur Taiwan

Desain Type 075

LHD Type 075

Tipe 075 merupakan kapal perang amfibi pengangkut helikopter atau Landing Helicopter Dock (LHD) besar pertama Angkatan Laut China yang memungkinkan serangan amfibi kuat terhadap target yang dipertahankan di bawah kondisi ancaman sedang.

Dengan berat 40.000 ton, Type 075 akan memiliki ukuran yang serupa dengan amfibi terbesar Amerika, tetapi tidak memiliki kemmapuan pertahanan dan serangan udara  karena China belum memiliki jet tempur VSTOL.

Meskipun kapal pertama belum operasional, laporan menunjukkan bahwa China sedang membangun tiga Type 075. Konfigurasi yang tepat dari kelas ini tetap tidak jelas, tetapi analisis menunjukkan kemampuan untuk membawa lebih dari dua lusin helikopter serang dan angkut.

Kelas Wasp Amerika dengan dimensi yang serupa, dapat mengangkut 1.600 pasukan dan berbagai kapal pendarat.  Jika kekuatan ini yang bisa dibawa kapal China maka akan menjadi masalah besar bagi Taiwan.

Helikopter yang dibawa juga berarti dapat mempertahankan diri dari ancaman kapal selam. Di masa depan, China mungkin mencoba untuk memperoleh lebih banyak pesawat jarak jauh yang mematikan untuk mengisi geladak kapal-kapal ini.

LPD Type 071

Pada pertengahan 2000-an, Angkatan Laut China memutuskan untuk secara radikal meningkatkan kemampuan serangan amfibi melalui pembelian kapal amfibi Landing Platform Dock (LPD).

Dengan ukuran yang kira-kira sama dengan LPD kelas San Antonio Angkatan Laut Amerika, Type 071 dapat membawa 800 pasukan, empat helikopter, dan berbagai kendaraan serbu amfibi kecil.

Meskipun kapal hanya memiliki kemampuan pertahanan minimal (senjata 76mm yang bisa digunakan dalam konteks dukungan darurat), mereka dapat berlayar 25 knot, dan menawarkan Angkatan Laut China kemampuan yang belum pernah dinikmati selama 70 tahun.

Dalam kombinasi dengan LHD Type 075, dan dengan kemampuan ofensif yang diperlukan untuk menekan pertahanan Taiwan, Type 071 merupakan ancaman besar bagi   Taiwan. Pada Januari 2019, Angkatan Laut China memiliki enam LPD dengan dua lainnya sedang dibangun.

Facebook Comments

error: Content is protected !!