For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Melihat Kendaraan Putin di Darat, Udara dan Laut

Pesawat

Departemen Manajemen Kepresidenan yang didirikan sejak awal 1990-an untuk memenuhi kebutuhan pejabat tinggi memiliki armada sendiri, yaitu Kelompok Penerbangan Khusus “Rossiya”.

Dalam jajaran kliennya, termasuk presiden, perdana menteri, menteri luar negeri, ketua majelis rendah parlemen Rusia (Duma), serta pejabat tinggi lainnya dan patriark Rusia.

Pesawat milik Departemen Manajemen Kepresidenan “Rossiya” juga mengangkut wartawan dari Pool Presiden dan Perdana Menteri, anggota delegasi, serta karyawan pelayanan pers dan protokol.

Armada ini terdiri dari pesawat Il-96-300 dan Tu-214. Dalam waktu dekat, sepasang Sukhoi Superjet 100 juga direncanakan akan turut bergabung. Dalam jajarannya juga terdapat pusat kontrol penerbangan — pesawat ini dilengkapi dengan sistem komunikasi khusus, yang memungkinkan presiden berkomunikasi dalam modus enkripsi untuk keperluan negosiasi dan mengelola kekuatan nuklir Rusia.

Sesuai namanya, Kelompok Pesawat Khusus ini menggunakan unit pesawat buatan dalam negeri. Semua pesawat lepas landas dari bandara pemerintah Vnukovo-2. Pesawat kepresidenan yang digunakan sejak tahun 1996 adalah versi modifikasi pesawat penumpang Il-96.

Putin melakukan perjalanan dengan jet pribadi lengkap dengan kamar tidur, ruang olahraga dan ruang konferensi.

Presiden Rusia tidak akan menggunakan salah satu dari empat pesawat IL-96-300PU yang biasa dia gunakan, masing-masing pesawat dilaporkan menelan biaya sekitar  US$500 juta.

Putin terbang di salah satu dari empat pesawat, tetapi yang spesifik yang dia gunakan tidak diketahui sampai take-off karena alasan keamanan.

Setelah pilihan dibuat, salah satu atau ketiga dari sisa pesawat mengikuti presiden sebagai cadangan. Dan dia dapat memanggil 68 jet tempur dari Pasukan Khusus Rusia untuk menjaga pesawat.

Jet khusus yang ia tumpangi ke Helsinki untuk bertemu Trump beberapa waktu lalu sangat mewah. Dekorasi termasuk warna keemasan, furnitur kulit putih, dan fitur marmer esque.

Seorang blogger yang menyebut dirinya Kungurov yang pertama kali mempublikasikan foto-foto itu setelah mendapatkannya dari kontak di Kementerian Pertahanan Rusia.

Pesawat ini dibangun oleh perusahaan penerbangan Voronezh dan memiliki lapisan khusus yang membuatnya kurang terlihat oleh radar.

Pemerintah Rusia juga telah memasang sistem komunikasi canggih di atas kapal yang memungkinkan pesawat bertindak sebagai pusat manajemen yang mampu melaksanakan perintah pasukan segera jika terjadi konflik tak terduga.

Pesawat ini pada dasarnya terlihat seperti hotel yang benar-benar mewah meski dilihat dari luar terlihat seperti pesawat pada umumnya.

Ada kamar tidur yang luas lengkap dengan tempat tidur berukuran besar, serta kamar mandi besar di mana presiden dapat menyegarkan diri sebelum mendarat.

Lalu ada sofa putih besar di mana Putin dan tamunya dapat bersantai atau berbicara tentang berbagai masalah. Tentu saja untuk percakapan yang lebih serius, jet juga menawarkan ruang konferensi dan juga dapur sehingga presiden dapat mengadakan pertemuan, belum lagi ada sistem komunikasi di dalamnya juga.

Jika ada waktu yang cukup sela Putin selalu dapat menuju ke gym onboard untuk berolahraga.

Dalam penerbangannya, kepala negara dapat berkomunikasi dengan berbagai instansi, lembaga, dan melakukan panggilan internasional maupun panggilan konferensi.

Armada Laut

Untuk melakukan perjalanan di atas air, administrasi kepresidenan memiliki dua unit kapal yacht, tiga unit kapal motor, tujuh unit kapal cutter, dan satu unit kapal catamaran.

Sementara, sejumlah sarana transportasi lain yang tidak biasa digunakan oleh presiden biasanya disediakan oleh organisasi lain. Sebagai contoh, bathyscaphe yang digunakan Putin saat memeriksa bangkai kapal Bizantium di dasar Laut Hitam yang masuk ke dalam wilayah geografis Rusia.

Facebook Comments