For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Melihat Kendaraan Putin di Darat, Udara dan Laut

Sebagai seorang presiden negara besar, Vladimir Putin membutuhkan banyak jenis kendaraan untuk mobilisasi baik di dalam maupun di luar negeri. Tentu saja sebuah kendaraan yang tangguh, aman sekaligus nyaman. Lantas apa saja kendaraan yang digunakan Putin baik di darat, laut dan udara? Mari kita lihat

Limosin

Sejak 2017 Vladimir Putin menggunakan limosin kepresidenan baru yang diproduksi di dalam neger. Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute – disingkat NAMI – organisasi penelitian dan pengembangan yang dikelola pemerintah yang dimulai sejak awal Uni Soviet, membuat kendaraan ini bekerja sama dengan Sollers JSC, perusahaan induk Rusia dengan saham di berbagai perusahaan mobil domestik. Kendaraan baru menggantikan Mercedes S600 Pullman yang dimodifikasi Federal Protective Service, atau FSO.

Putin dilaporkan memulai program, yang dikenal sebagai Project Cortege setelah memenangkan pemilihan presiden ketiganya pada tahun 2012. Limusin ini menjadi yang pertama yang oleh pejabat dikatakan akan menjadi “Unified Modular Platform” 14 jenis kendaraan baru untuk FSO, termasuk sedan, minivan, dan SUV.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Denis Manturov mengatakan kepada surat kabar Rusia Izvestia pada bulan Juni 2017 bahwa Putin langsung memilih ‘Prototipe A’ dan tidak ada waktu untuk menunjukkan ‘Prototipe B’.

Meskipun kendaraan tersebut diproduksi di dalam negeri, menurut laporan, NAMI menyewa perusahaan mobil Jerman Porsche dan Robert Bosch untuk membantu dalam pengembangan, dengan perusahaan sebelumnya yang memasok mesin V8 bermesin turbocharged 600 tenaga kuda.

Bagian dalam Project Cortege

NAMI mengembangkan mesin kedua, yang secara signifikan lebih kuat itu sendiri dan ini bisa menjadi salah satu perbedaan utama antara prototipe A dan B.

Gambar-gambar yang ada sejauh ini menunjukkan limosin tersebut berbingkai berat dengan interior berornamen dengan sejumlah besar kayu dan kulit.

Jelas bahwa limusin Project Cortege memiliki armor yang luas, peralatan komunikasi yang aman, dan fitur perlindungan diri dan keadaan darurat lainnya untuk membantu menjaga Putin dalam berbagai situasi yang berbeda.

Dari luar, kendaraan ini tampaknya kurang banyak dimodifikasi daripada yang digunakan oleh Presiden Amerika Serikat saat ini, tetapi tidak jelas apakah itu benar-benar mencerminkan perlindungan balistik atau kemampuan lainnya.

Pada 2017, pemerintah Rusia menempatkan setidaknya hampir US$ 300 juta ke dalam program pembangunan kendaraan ini.

Selain itu, Rusia berharap Proyek Cortege akan berfungsi sebagai batu loncatan bagi negara untuk memasuki kembali pasar kendaraan mewah global. Versi sipil dari berbagai desain Project Cortege, yang direncanakan JSC Sollers untuk dijual dengan merek Aurus, akan tersedia dalam jumlah kecil pada 2019, dengan harga yang dilaporkan berkisar antara US$ 95,500 danĀ  US$ 111,500. AurusĀ  adalah penggabungan dari “aurum,” (bahasa latin yang berarti emas) dan “rus” yang berarti Rusia.

Helikopter

Sejak Oktober 2012, Kremlin dilengkapi helipad khusus untuk Putin. Ia terbang secara eksklusif menggunakan helikopter Mi-8.

Helikopter sudah sejak lama dapat mendarat di area Kremlin, termasuk sejak pemerintahan Presiden Rusia Boris Yeltsin. Namun kala itu, helipad yang berada di lapangan Ivanovskaya Ploshchad dapat merusak bangunan-bangunan bersejarah Kremlin akibat getaran yang ditimbulkan. Oleh karena itu, helipad pun dipindahkan.

Mobil Untuk transportasi darat, Putin menggunakan Mercedes-Benz S600 Pullman. Terdapat 11 unit kendaraan jenis tersebut yang dioperasikan oleh unit struktural Layanan Keamanan Federal FSO dan diparkir pada garasi khusus (GON).

Atribut kendaraan yang diwajibkan pada armada kepresidenan adalah kapsul lapis baja, sistem evakuasi darurat (mobil mampu bergerak tak kurang dari 30 kilometer pada kecepatan 80 kilometer per jam, meskipun dengan kondisi keseluruhan ban tertembak), serta sistem kontrol kualitas udara dan fasilitas kenyamanan.

Untuk memilih kandidat pengemudi kendaraan presiden, diselenggarakan seleksi psiko-fisiologis yang sangat serius dan ketat, serta pelatihan mengemudi dalam kondisi ekstrem.

Para kandidat sebelumnya harus telah mengabdi sebagai pengemudi di divisi operasional FSO dalam waktu yang lama. Baru kemudian setelah itu, ia mendapatkan pengalaman mengendarai kendaraan pendukung.

Setelahnya, ia dapat mengajukan jabatan sebagai pengemudi kepresidenan atau perdana menteri. Secara keseluruhan, proses ini membutuhkan waktu antara tujuh hingga 15 tahun. Pengemudi kendaraan kepresidenan ada lebih dari 10 orang.

Mereka adalah para profesional papan atas. Meski begitu, mereka terus berlatih sekali dalam seminggu. Kompleks pelatihan bagi pengemudi-pengemudi ini mencakup kemampuan menembak pada saat mengemudi, mengemudi menggunakan simulator di daratan es, rintangan air, dan ledakan.

NEXT: PESAWAT DAN KAPAL
Facebook Comments

error: Content is protected !!