10 Helikopter Transportasi Militer Terbesar di Dunia

Sputnik

9. Mi-8 (Rusia)

Mil Mi-8 adalah salah satu helikopter utilitas paling produktif yang pernah dibangun dengan lebih dari 7. 300  diproduksi sejak 1961. Versi ekspornya Mi-17, telah banyak diekspor dan  beroperasi dengan lebih dari 60 negara. Varian dari helikopter  ini masih diproduksi hingga sekarang.

Versi yang paling banyak dibangun untuk pelanggan militer adalah Mi-8T, yang merupakan standar transportasi utilitas. Varian ini menampung 24 tentara atau  mengangkut kargo 4 000 kg secara internal atau 3.000 kg secara eksternal.

Mi-8TB adalah varian bersenjata, yang membawa senapan mesin, bom, roket, dan peluru kendali anti-tank. Helikopter ini telah memunculkan berbagai versi yang cukup banyak bahkan sering membingungkan untuk memenuhi beragam peran khusus.

Ragam dukungan tempur khusus mencakup pos komando cadangan udara, serangan elektronik, komunikasi intelijen dan relay komando. Versi lain membawa pengiriman bahan bakar ke unit garis depan, pengintaian, pemandu tembakan artileri, pengintaian, transportasi VIP, penebar ranjau dan pembersih ranjau.

10. NH90 (Perancis, Jerman, Italia, Belanda)

Pada tahun 1985 lima negara Eropa menandatangani  nota kesepahaman untuk membangun sebuah helikopter NATO untuk tahun 90an, atau NH90. Inggris keluar dari program tersebut pada tahun 1987 untuk mendukung EH 101, meninggalkan Perancis, Jerman, Italia dan Belanda dalam proyek tersebut dengan menggunakan NH Industries.

Dua versi awalnya adalah NH90 NFH (NATO Frigate Helicopter) untuk perang anti-kapal selam  dan peran anti-kapal, dan NH90 TTH (Tactical Transport Helicopter) untuk transportasi, penyelamatan, peperangan elektronik dan transportasi VIP.

Helikopter ini beroperasi dengan Prancis, Jerman, Italia dan Belanda dan telah  diekspor ke Australia, Belgia, Yunani, Selandia Baru, Norwegia, Oman dan Swedia.

Helikopter transportasi NH90 TTH mampu menampung 20 tentara atau bisa membawa kargo 2.000 sampai 5.000 kg secara internal atau 4 200 kg secara eksternal.

 

Facebook Comments

Translate »