10 Helikopter Transportasi Militer Terbesar di Dunia

Mi-38

5. Mi-38 (Rusia)

Mi-38 adalah helikopter transportasi yang ditujukan untuk pelanggan militer dan sipil dan  diusulkan sebagai pengganti Mi-8  dan Mi-17. Awalnya dikembangkan sebagai versi perbaikan dari Mi-8, namun ada banyak perbedaan hingga Mi-38 akhirnya menjadi desain yang benar-benar baru.

Helikopter ini  memiliki badan pesawat baru, mesin, sistem rotor dan avionic dan  bisa dilihat sebagai generasi baru Mi-8. Produksi helikopter ini dimulai pada 2015.

Untuk misi angkutan penumpang, helikopter ini mampu menampung hingga 32 tentara dan  bisa membawa kargo 5.000 kg secara internal atau 7.000 kg secara eksternal.

Berbagai versi Mi-38 rencananya akan diproduksi untuk misi yang berbeda dan peralatan mungkin dipasang untuk pendaratan darurat di atas air serta bisa diadopsi sebagai ambulans.

 

 6. EC 725 (Perancis)

Eurocopter (sekarang Airbus Helicopters) EC 725 Super Cougar atau Caracal adalah helikopter pengangkut taktis jarak jauh yang  berevolusi dari keluarga Eurocopter Puma / Cougar. Helikopter khusus dikembangkan untuk memenuhi persyaratan Angkatan Udara Perancis untuk helikopter spesialis untuk operasi pencarian dan penyelamatan tempur.

Helikopter  tersebut melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 2000 dana pertama dikirim ke Angkatan Udara Prancis pada tahun 2005. Helikopter juga diadopsi oleh Angkatan Darat Perancis. Helikopter ini juga telah digunakan  oleh Brasil, Indonesia, Malaysia, Meksiko. Beberapa negara lain memesan helikopter ini.

EC 725 dapat membawa 28 pasukan atau 5 670 kg muatan internal dan sekitar 4 500 kg muatan eksternal.

EC 725 dapat digunakan tidak hanya untuk pencarian dan penyelamatan tempur, tetapi juga untuk transportasi pasukan dan kargo, atau evakuasi korban. Helikopter ini bisa dipasang dengan add-on armor plating dan bisa beroperasi di lingkungan tempur. Juga ada versi ASW atau antikapal selam dari helikopter ini.

NEXT
Facebook Comments