10 Helikopter Transportasi Militer Terbesar di Dunia

 7. Z-18 (China)

Z-18 adalah helikopter pengangkut militer baru China dan dikembangkan oleh Changhe Aircraft Industry Group (CAIG). Helikopter ini evolusi dari helikopter  Avicopter AC313  (Harbin Z-8). Z-18 adalah helikopter militer terbesar yang pernah dikembangkan di China.

Helikopter baru ini pertama kali tampil ke publik pada tahun 2014 dan sudah beroperasi dengan militer China. Secara bertahap akan menggantikan helikopter Z-8 yang lebih tua.

Helikopter Z-18 China didasarkan pada desain Z-8 Harbin, namun memiliki didesain ulang dan mesin yang lebih bertenaga. Akibatnya, Z-18  memiliki ruang internal yang lebih banyak, dapat membawa muatan lebih banyak dan memiliki kinerja yang lebih baik secara keseluruhan pada ketinggian dan suhu yang lebih tinggi. Dilaporkan bahwa komposit dan titanium banyak digunakan dalam produksi helikopter ini.

Helikopter ini menampung sekitar 27 penumpang atau  bisa mengangkut 4.000 kg secara internal atau 5.000 kg secara eksternal.

Selama penerbangan uji coba di Tibet, Z-18 memecahkan rekor dengan mencapai ketinggian 9.000 m dan terbang di atas Gunung Everest. Ini adalah pertama kalinya sebuah helikopter besar berhasil terbang setinggi itu.

 8.AW101 (Italia / Inggris)

AugustaWestland AW101 dikembangkan sebagai helikopter utilitas angkatan laut modern. Sebelumnya, helikopter ini dikenal sebagai Eurocopter Industries EH101 dan  diproduksi bersama oleh Augusta  Italia dan Westland Helicopters  Inggris.

Namun pada tahun 2000 Augusta dan Westland Helicopters bergabung dan membentuk AugustaWestland. Sejak 2007 helikopter ini dipasarkan sebagai AugustaWestland AW101. Ada versi peperangan utilitas dan anti kapal selam dari helikopter ini.

EH101 / AW101 beroperasi dengan Italia dan Inggris dan telah  diekspor ke Aljazair, Kanada (CH-149 Cormorant), Denmark, Nigeria, Portugal, Arab Saudi, dan Turkmenistan. Ini adalah lisensi yang diproduksi di Jepang dan Amerika Serikat. Perlu dicatat bahwa Inggris, Denmark dan Portugal menggunakan nama Merlin untuk helikopter ini.

Versi utilitas dari AW101 menampung 26 tentara. Kapasitas muatan sekitar 4.000 – 5.000 kg. Jumlah kargo ini bisa dibawa secara internal atau dengan sling. Selanjutnya Royal Air Force mengoperasikan versi Merlin HC.Mk.3, yang menampung maksimal 45 tentara atau sampai 6.000 kg muatan internal.

NEXT
Facebook Comments

Translate »