10 Helikopter Transportasi Militer Terbesar di Dunia

Ketika mengirimkan pasukan atau barang ke wilayah yang tidak tidak ada landasan untuk pesawat sayap tetap, maka helikopter menjadi solusinya. Dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal menjadikannya tidak akan terlalu memiliki  masalah dalam hal operasional di wilayah terpencil.

Pentingnya transportasi ini menjadikan helikopter dengan peran tersebut juga dibangun oleh berbagai negara. Karena fungsinya untuk membawa beban, maka rata-rata mereka memiliki ukuran yang besar.

Kita akan melihat 10 helikopter transportasi militer terbesar yang saat ini terbang di dunia. Kita akan menggunakan  kapasitas dan ukuran muatan untuk menentukan peringkat. Daftar ini tidak termasuk helikopter pengangkut militer, yang sedang dalam pengembangan atau tahap prototip.

Dan inilah 10 besar helikopter pengangkut militer terbesar di dunia saat ini:

1. Mil Mi-26 (Rusia)

Mil Mi-26 adalah helikopter terbesar yang pernah diproduksi dan oleh NATO disebut sebagai Halo. Saat ini mesin angkat berat ini beroperasi dengan hampir 20 negara, termasuk Rusia dan India.

Perkembangannya dimulai pada awal tahun 1970an. Perancang memiliki tujuan untuk menghasilkan helikopter dengan kapasitas beban dua kali lipat dari mesin kontemporer manapun. Helikopter ini sendiri mulai beroperasi pada tahun 1983.

Mi-26 memiliki kemampuan membawa muatan setara dengan pesawat transport C-130. Area kargo, ketika pintu belakang tertutup panjangnya 12 m, dan lebar 3,2 m, dengan tinggi langit-langit minimal 2,9 m.

Interiornya bisa dikonfigurasi untuk menampung 80 tentara tempur yang dilengkapi peralatan tempur atau 60 tandu. Namun ada kasus helikopter terbang dengan 150 tentara.

Sebagai alternatif, helikopter kargo ini dapat membawa dua kendaraan tempur seberat masing-masing 10.000 kg. Mi-26 juga bisa membawa berbagai beban secara eksternal. Model terbaru, Mi-26M bisa mengangkat bahkan lebih berat lagi dengan memiliki kapasitas muatan sebesar 25.000 kg.

2. CH-53E Super Stallion (Amerika)

Helikopter transport CH-53E  dikembangkan oleh Sikorsky dan  telah diadopsi oleh Korps Marinir Amerika pada tahun 1981. Sejak saat itu Super Stallion adalah helikopter terbesar dan terkuat di luar Rusia dan sampai saat ini tetap menjadi helikopter terbesar dan terberat yang digunakan oleh militer Amerika. Sebanyak 227 pesawat dibangun untuk Korps Marinir dan Angkatan Laut Amerika.

Marinir Amerika menggunakan helikopter ini untuk mengirim pasukan, kendaraan dan pasokan dari kapal ke darat. Angkatan Laut Amerika menggunakan sejumlah kecil helikopter ini untuk mengirimkan pasokan kapal selain juga . menggunakan versi raidweeping khusus.

Helikopter ini bisa membawa 37 tentara. Dengan kursi tengah dipasang Super Stallion bisa membawa 55 tentara. Atau bisa membawa muatan internal dengan berat maksimum 13,6 ton atau 14,5 ton eksternal. Helikopter ini mampu mengangkat kendaraan lapis baja LAV-25 atau howsterer M198 155mm dengan awak dan amunisi serta bisa mengangkat pesawat yang seukuran dengannya.

Saat ini helikopter baru baru yang dikenal sebagai CH-53K King Stallion telah dikembangkan untuk memenuhi persyaratan Korps Marinir Amerika. King Stallion memiliki badan pesawat yang sama, namun memiliki kinerja yang lebih baik. CH-53K harus mencapai kemampuan operasi awal di tahun 2018.

NEXT
Facebook Comments

Translate »