For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Angkatan Laut Paling Kuat Pada 2030

Kapal selamKelas Vanguard Inggris

Angkatan laut paling kuat pada tahun 2030 kemungkinana besar akan tersebar ke berbagai benua dan sudah mulai bisa terlihat siapa saja mereka. Beberapa negara telah menginvestasikan dana besar untuk membangun kekuatan angkatan laut.

Pergeseran ke arah timur dalam hal kekuatan angkatan laut akan terus terjadi hingga 2030, penurunan anggaran pertahanan di Eropa dan meningkatkan perekonomian di Asia akan mendorong situasi ini.

Pada era Perang Dingin kekuatan laut terkuat di dunia sebagian besar terkonsentrasi di Eropa, namun  pada 2030 China dan India akan berada di daftar negara-negara penguasa samudera dengan Jepang dan Korea Selatan juga akan menjadi kekuatan yang diperhitungkan.

Ada dua jenis kapal yang akan sangat menentukan seberapa kuat angkatan laut sebuah negara yakni kapal induk dan kapal selam rudal balistik

Kapal induk mencerminkan kebutuhan untuk mempertahankan serangan global, atau bahkan regional serta kemampuan proyeksi kekuatan. Kapal selam rudal balistik mencerminkan kematangan dan diversifikasi persenjataan nuklir suatu negara yang menjadikan sebuah negara mampu melakukan serangan balasan ketika kekuatan nuklir di darat dihancurkan lawan pada serangan pertama.  Didukung dengan kapal kombatan dan kapal selam lain, kapal induk dan kapal selam rudal balistik akan menentukan kekuatan angkatan laut pada awal hingga pertengahan abad ke-21.

Lalu siapa yang kira-kira akan menjadi lima kekuatan laut terbesar pada 2030?  Mari kita lihat.

1. AMERIKA SERIKAT
Facebook Comments