For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Rusia Siapkan Kapal Selam Kedua untuk Membawa Torpedo Nuklir Poseidon

Kapal Selam Kelas Borei-A Prince Vladimir

Setelah meluncurkan kapal selam khusus Belgorod yang akan membawa torpedo nuklir Poseidon, Rusia sedang menyiapkan kapal selam kdua yang dikenal sebagai Khabarovsk.

Kapal selam ini diharapkan akan diluncurkan pada tahun 2020. Kapal selam pembawa Poseidon kedua, Proyek 09851 kapal selam tujuan khusus bertenaga nuklir Khabarovsk, akan diluncurkan pada musim semi 2020, menurut laporan media Rusia.

Menurut sumber industri pertahanan Rusia kantor berita TASS sebagaimana dikutip The Diplomat melaporkan, kapal selam baru itu diperkirakan akan diserahkan kepada Angkatan Laut pada tahun 2022 dan akan dapat membawa hingga enam Poseidon, yang juga dikenal di bawah Status-6 atau “ Kanyon ”oleh komunitas intelijen Amerika.

Masih belum pasti apakah Poseidon akan semata-mata dikerahkan sebagai platform pengiriman hulu ledak nuklir atau dapat digunakan untuk tujuan lain termasuk misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian. Secara total, Angkatan Laut Rusia dijadwalkan untuk menerima lebih dari 30 Poseidon dengan gelombang pertama siap untuk ditempatkan di akhir tahun 2020-an.

Khabarovsk konon merupakan varian yang dikembangkan dari kapal selam rudal balistik nuklir (SSBN) kelas Borei. Angkatan Laut Rusia saat ini menyebarkan tiga boomer kelas ini. Yuri Dolgoruky beroperasi dengan Armada Utara Rusia, sementara dua SSBN kelas Borei lainnya – Alexander Nevsky dan Vladimir Monomakh – dikerahkan bersama Armada Pasifik Rusia.

Selain Khabarovsk, Poseidon juga akan dibawa oleh Kapal Selam Misi Khusus 09852 KC-139 Belgorod, yang diluncurkan di Galangan Kapal Sevmash di Severodvinsk di Rusia utara pada 23 April 2019. Kapal selam ini didasarkan pada Desain kapal selam rudal bertenaga nuklir kelas Oscar II

Kapal itu akan dioperasikan oleh organisasi Direktorat Utama Penelitian Laut Dalam (GUGI) dan kemungkinan akan dikerahkan di bawah Kutub Utara untuk misi khusus rahasia, yang konon akan mencakup pemasangan jaringan sonar bawah air Rusia.

Selain Khabarovsk dan Belgorod diharapkan akan  membawa Poseidon pada pertengahan 2020-an. Dua kapal selam dilaporkan dijadwalkan untuk layanan dengan Armada Utara, sementara menurut sumber industri pertahanan Rusia dua kapal selam lainnya akan dikerahkan oleh Armada Pasifik Rusia.

Facebook Comments