For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Rusia: Bomber Amerika Bikin Tegang

Pembom B-52 Amerika saat dicegat jet tempur Rusia di atas Baltik

Rusia mengatakan bahwa sejumlah pesawat pengebom strategis B-52 dengan kemampuan nuklir milik Amerika Serikat yang melintasi perairan netral Laut Baltik di dekat perbatasan Rusia menciptakan ketegangan di wilayah tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Kamis pagi mengatakan pihaknya menerbangkan jet-jet tempur untuk mencegat pesawat pengebom strategis B-52 milik Amerika, setelah mereka mulai mendekati perbatasan Rusia.

“Secara umum, saya hanya akan mengatakan bahwa tentunya tindakan-tindakan seperti itu oleh Amerika Serikat tidak mengarah pada peningkatan atmosfer keamanan dan kestabilan di wilayah yang secara langsung berdekatan dengan perbatasan Rusia,” kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada awak media melalui telepon.

“Sebaliknya, mereka malah menambah ketegangan”. Kaliningrad, daerah kantong Rusia di jantung Eropa, berada di Laut Baltik.

Pesawat Amerika dan NATO telah secara teratur melakukan penerbangan dekat perbatasan Rusia sejak 2014 yang kerap memaksa jet Rusia terbang cepat guna mencegat dan mengawal mereka selama penerbangan untuk mencegah pelanggaran wilayah udara.

Kementerian Pertahanan Rusia juga merilis video saat jet tempur mereka mencegat bomber B-52 yang terbang di atas Laut Baltik tersebut.

Bulan lalu, militer Rusia juga mengatakan bahwa jet tempur Su-27 Rusia telah diterbangkan untuk mengidentifikasi dan mencegat sebuah pesawat mata-mata Swedia di dekat perbatasan.

Facebook Comments