For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Pentagon Pastikan Beli 8 F-15X dan 22 F-5 dari Swiss

F-5 Tiger Swiss

Pentagon secara resmi telah meluncurkan rancangan anggaranya dan terlihat jelas bahwa mereka tetap berencana membeli F-15X untuk Ankatan Udara. Yang menarik Pentagon juga akan membeli 11 jet tempur 22 F-5E / F untuk Angkatan Laut.

Dalam rancangan anggaran tersebut delapan pesawat F-15EX (satu kursi) direncanakan dibeli untuk tahun 2020 dengan anggaran sekitar US$ 1,1 miliar. Sebagian dari total ini akan digunakan untuk membeli delapan pesawat pertama dan sisanya akan digunakan untuk mendanai pekerjaan pengembangan terbatas untuk mengintegrasikan beberapa sistem yang tidak ditemukan pada varian ekspor Eagle, serta menjalankan program resmi Angkatan Udara dan mendanai beberapa suku cadang dan dukungan.

F-15SA yang jadi dasar F-15X

Sebelumnya banyak pihak mengkritik pembelian F-15X adalah langkah yang tidak tepat karena seharusnya Amerika memperkuat jet tempur generasi kelima mereka, terutama F-35. Angkatan Udara Amerika bahkan dikabarkan tidak menginginkan jet tempur generasi keempat tersebut hingga muncul spekulasi keputusan Pentagon adalah keperluan untuk menyelamatkan bisnis Boeing.

Sementara satu item unik dalam bahan anggaran Pentagon adalah dimasukkannya rencana untuk membeli 22 jet tempur F-5E / F Tiger II dari Angkatan Udara Swiss. Jet tempur ini akan digunakan untuk memenuhi tugas dukungan armada musuh atau agressor.

Sebanyak 44 F-5N / F yang saat ini terbang dengan dua Skuadron Angkatan Laut Amerika dan satu skuadron Marinir berasal dari surplus stok Angkatan Udara Swiss. Pengiriman dan perbaikan jet-jet yang dibungkus kira-kira satu dekade yang lalu dan armada terus menua sementara permintaan untuk layanannya terus meningkat.

Beberapa permintaan ini sedang diimbangi dengan mempekerjakan kontraktor swasta untuk tugas-tugas dukungan musuh, tetapi Angkatan Laut masih harus menopang pasukan F-5 kecuali jika berencana untuk mempensiun jenis ini secara keseluruhan di masa depan.

Saat ini, F-5 menawarkan solusi yang sangat ekonomis dan terbukti untuk menggambarkan berbagai ancaman, jadi jika mereka diganti dengan jenis lain, kemungkinan akan datang dengan peningkatan biaya yang signifikan, tidak hanya dalam hal akuisisi, tetapi terutama dalam biaya operasi dan pemeliharaan.

Itu sebabnya tidak mengherankan bahwa Pentagon memilih untuk mengambil 22 F-5 dari  Swiss dan meminta fasilitas St. Augustine Northrop Grumman memperbaharui mereka sehingga mereka dapat memberikan tugas dukungan agresor bertahun-tahun.

Masih belum jelas bagaimana Angkatan Laut akan mendistribusikan pesawat ini setelah mereka  disegarkan kembali di Amerika Serikat. Mereka dapat menambah unit F-5 yang ada untuk membantu meningkatkan kapasitas dan menyebarkan jam penerbangan di kumpulan pesawat yang lebih besar untuk memungkinkan armada bertahan lebih lama secara keseluruhan, atau mereka bisa menjadi bagian dari struktur unit musuh baru.

“Pengadaan pesawat F-5E / F dari pemerintah Swiss untuk mendukung persyaratan musuh USN dan USMC. F-5 adalah jet tempur supersonik yang gesit, sangat bermanuver, andal, memadukan desain aerodinamis canggih, performa mesin, dan biaya pengoperasian yang rendah,” demikian bunyi ringkasan permintaan yang dikutip War Zone Rabu 13 Maret 2019.

Tetapi Marinir telah menjelaskan mereka ingin menambah sekitar dua lusin F-5 ke dalam barisan mereka dan menyebarkan jet-jet itu dalam kelompok-kelompok kecil di pangkalan-pangkalan pelatihan di sekitar Amerika untuk mendukung permintaan pelatihan udara ke udara yang meningkat pesat.

Facebook Comments