For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Di Tengah Situasi Sulit, Afghanistan Sumbang Pengungsi Palestina Rp14 Miliar

Pengungsi Palestina /Common Dreams

Meski masih dilanda perang dan kesulitan ekonomi, Afghanistan, telah menjadi pendukung paling akhir buat Badan Pekerjaan dan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dengan sumbangan sebanyak US$1 juta atau sekitar Rp 14 miliar.

Siaran pers UNRWA mengatakan Duta Besar Afghanistan untuk Turki Abdul Rahim Sayed Jan menyerahkan sumbangan negaranya kepada Komisaris Jenderal UNRWA Pierre Krahenbuhl selama upacara yang dituan-rumahi oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dengan dihadiri Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Malki di Instabul, Turki Minggu 3 Maret 2019.

Saat menyampaikan terima kasihnya kepada Afghanistan, Komisaris Jenderal UNRWA menggambarkan sumbangannya sebagai “isyarat sangat besar mengenai kedaulatan besar” pada saat Afghanistan menghadapi banyak tantangan perang selama berabad-abad, demikian laporan Kantor Berita Palestina, WAFA –yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi.

“Keputusan Afghanistan untuk mendukung pengungsi Palestina akan ditulis dalam huruf-huruf emas dalam sejarah UNRWA,” kata Krahenbuhl.

“Ini adalah pesan yang akan kami bawa ke seluruh dunia untuk memberi ilham kepada yang lain agar memberi dukungan kuat buat pengungsi Palestina. Ini adalah lambang yang belum dilupakan oleh dunia,” katanya.

Duta besar Afghanistan untuk Turki tersebut kembali menyampaikan “posisi bersejarah negaranya buat Palestina”, sehingga “keputusan untuk mendanai UNRWA menjadi sangat penting”.

Sumbangan oleh Afghanistan itu membawa pesan komitmen kuat dan solidaritas dari satu negara yang rakyatnya telah lama menderita kesulitan dan perang. Itu berbarengan dengan pembentukan baru-baru ini Pembangunan Dana Waqaf bagi Pengungsi Palestina, yang disahkan di Dewan Menteri Luar Negeri Organisasi Kerja Sama Islam (OIC) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Komisaris Jenderal UNRWA bertemu dengan Salahuddin Rabbani –Menteri Luar Negeri Afghanistan– dan menyampaikan terima kasihnya yang sepenuh hati untuk mendukung UNRWA.

Facebook Comments