For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Su-27 Flanker Rusia Kembali Intercep RC-135 Amerika

RC-135

Video itu dirilis Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan sebuah jet tempur Su-27 Flanker diterbangkan dengan cepat untuk mengidentifikasi target asing dan mencegatnya.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Rabu 6 Maret 2019 telah mempublikasikan video pendek yang menggambarkan pesawat tempur Su-27 mencegat pesawat mata-mata RC-135 Amerika.

Rekaman itu, yang diambil dari kokpit Su-27, menunjukkan pesawat tempur Rusia tersebut mengejar pesawat pengintai Amerika kemudian mendekat dari sisi kiri dengan aman. Waktu yang tepat dari intersepsi tidak diungkapkan.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya mengatakan bahwa jet Su-27 mencegat pesawat tersebut di wilayah udara internasional yang ada di atas Laut Baltik.

“Jet Su-27 kembali dengan selamat ke pangkalannya setelah pesawat asing terbang jauh dari perbatasan Rusia,” kata pernyataan itu sebagaimana dikutip Sputnik.

Beberapa tahun terakhir semakin banyak pesawat mata-mata asing mengintip di dekat perbatasan Rusia. Insiden terbaru sebelum pertemuan RC-135 dilaporkan pada akhir Januari, ketika militer Rusia mengatakan bahwa sebuah jet tempur Su-27 dikterbangkan untuk mengidentifikasi dan mencegat sebuah pesawat pengintai Swedia.

Swedia protes dengan pencegatan yang dinilai berbahaya dan tidak profesional tersebut bahkan memanggil Duta Besar Rusia untuk diminta keterangan sekaligus menyampaikan protes resmi.

Facebook Comments