For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Frigat Rusia Melintas Selat Inggris, Royal Navy Kirim Destroyer

Admiral Gorshkov /Russian Defense Ministry

Frigat Rusia, Admiral Gorshkov, bersama kapal pendukung logistik Elbrus, kapal tunda Nikolai Chiker dan kapal tanker Kama melewati Selat Inggris. Angkatan Laut Inggris pun tidak mau diam dengan mengirim kapal untuk mengawalnya.

Admiral Gorshkov berangkat pada 26 Februari untuk pelayaran pertamanya memimpin sekelompok kapal Armada Utara Rusia di perairan yang jauh. Kapal-kapal telah menempuh lebih dari 1.600 mil laut.

Ini adalah pelayaran pertama ke Admiral Gorshkov. Sebelumnya, hanya transit antar-armada dan antar-pangkalan.

Sebagaimana dilaporkan TASS Selasa 5 Maret 2019, dalam beberapa bulan ke depan, para kru kapal akan melakukan misi pelayaran jarak jauh di berbagai bagian Samudera Dunia. Pelayaran ini bertujuan untuk menunjukkan bendera Angkatan Laut Rusia dan menunjukkan kehadiran angkatan laut di wilayah operasional zona laut jarak jauh.

Kehadiran kapal perang Rusia ini pun tidak lolos dari perhatian Inggris yang langsung mengirimkan destroyer untuk mengawalnya.

HMS Defender

Destroyer Type 45, HMS Defender dikirim untuk misi ini. “Destroyer canggih Type 45 sedang memantau kelompok tugas Rusia dan melacak aktivitas mereka,” kata Mark Lancaster, menteri angkatan bersenjata Inggris sebagaimana dilaporkan Protsmouth.co.uk

“Royal Navy [Angkatan Laut Kerajaan] selalu siap untuk membela Inggris. Kami akan terus bekerja dengan sekutu kami untuk membayangi kapal-kapal Rusia yang melewati perairan internasional dekat pantai kami, untuk memastikan angkatan laut Rusia mengikuti protokol yang benar dalam perjalanannya.”

HMS Defender meninggalkan Newcastle pada hari Sabtu menuju ke timur laut Skotlandia dan bertemu kelompok kapal Rusia.

Facebook Comments