For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

India-Pakistan Mundur dari Jurang Perang, Ketegangan Masih Tinggi

Wilayah Line of Control /Reuters

Gejolak antara musuh bebuyutan India dan Pakistan tampaknya mereda pada Sabtu 2 Februari 2019 setelah Islamabad melepaskan pilot India yang ditangkap, tetapi ketegangan terus membara di tengah upaya kekuatan global untuk mencegah perang. antara tetangga yang bersenjata nuklir tersebut.

Komandan Wing Abhinandan Varthaman, yang menjadi wajah dan simbol dari bentrokan terbesar antara India dan Pakistan dalam beberapa tahun ini, berjalan melintasi perbatasan pada Jumat 1 Februari 2019 tepat sebelum jam 21.00  waktu setempat.

Pelepasan melintasi Line of Control (LoC) yang menjadi perbatasan de facto di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Militer Pakistan mengatakan pada hari Sabtu bahwa angkatan udara dan angkatan lautnya terus waspada , sementara dua prajuritnya tewas setelah baku tembak dengan pasukan India di sepanjang LoC. Sedangkan Militer India mengatakan pada hari Sabtu bahwa Pakistan menembakkan mortir ke seluruh LoC.

Pakistan sebagaimana dilaporkan Reuters, menyebut pelepasan Abhinandan sebagai “isyarat niat baik yang ditujukan untuk merdakan ketegangan yang meningkat dengan India” setelah berminggu-minggu kegelisahan yang mengancam akan berubah menjadi perang setelah kedua negara menggunakan jet untuk misi pemboman minggu ini.

Kekuatan global, termasuk China dan Amerika Serikat, telah mendesak dua negara yang telah berperang tiga kali sejak kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947 tersebut untuk menahan diri.

Ketegangan meningkat dengan cepat setelah pemboman mobil bunuh diri pada 14 Februari yang menewaskan sedikitnya 40 polisi paramiliter India di Kashmir yang dikuasai India.

India menuduh Pakistan menyembunyikan kelompok Jaish-e Mohammad yang berada di balik serangan itu. Tuduan itu ditolak Islamabad sementara Perdana Menteri Narendra Modi menjanjikan tanggapan yang kuat.

Pesawat-pesawat tempur India melakukan serangan udara pada hari Selasa di dalam wilayah Pakistan yang disebut New Delhi sebagai kamp-kamp militan. Islamabad membantah ada kamp seperti itu dan yang diserang adalah permukiman penduduk. Pakistan pada Rabu membalas dengan misi udara yang menyebabkan kedua belah pihak mengklaim telah menembak jatuh jet.

Pilot India sejak ditembak jatuh pada hari Rabu telah menjadi titik fokus krisis dan ia kembali ke tanah airnya. Dia disambut sebagai seorang pahlawan, dengan kerumunan memadati perbatasan Wagah dan mengibarkan bendera India.

Sebelum pembebasannya, stasiun-stasiun televisi Pakistan menyiarkan video Abhinandan di mana ia berterima kasih kepada tentara Pakistan karena menyelamatkannya dari kerumunan orang marah yang mengejarnya setelah melihatnya parasut mendarat.

 

“Tentara Pakistan adalah layanan yang sangat profesional,” katanya. “Saya telah menghabiskan waktu bersama tentara Pakistan. Saya sangat terkesan.”

Pada hari Jumat, empat tentara India dan satu warga sipil tewas dalam bentrokan dengan gerilyawan di Kashmir yang dikelola India.

Facebook Comments