For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Balas Amerika, Rusia Juga Menangguhkan Perjanjian INF

Vladimir Putin/Sputnik

Presiden Vladimir Putin telah mengumumkan bahwa Rusia juga menangguhkan perjanjian Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) menyusul keputusan Amerika untuk menghentikan perjanjian itu.

“Amerika telah mengumumkan bahwa mereka menangguhkan partisipasi mereka dalam Perjanjian [INF], dan kami juga menangguhkannya. Mereka telah mengumumkan bahwa mereka terlibat dalam penelitian dan pengembangan, dan kami akan melakukan hal yang sama, ” kata Putin pada pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu Sabtu 2 Februari 2019.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menyatakan bahwa Amerika Serikat akan menangguhkan kewajibannya berdasarkan Perjanjian INF dan memulai proses penarikan enam bulan.

Mengomentari lebih lanjut tentang masalah ini, Putin mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu bahwa Moskow masih terbuka untuk negosiasi, namun, ia menginstruksikan para menteri untuk tidak memulai pembicaraan mengenai masalah tersebut.

Putin menekankan bahwa Amerika telah melanggar perjanjian khususnya, peluncur MK 41 yang digunakan Amerika di Eropa, yang dapat digunakan dengan rudal Tomahawk, merupakan pelanggaran langsung terhadap perjanjian INF.

Sementara Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mencatat bahwa Amerika telah melanggar perjanjian nuklir sejak 1999, ketika mulai menguji coba pesawat tempur. Pejabat itu menekankan lebih lanjut bahwa keluarnya Washington dari perjanjian itu memperburuk situasi yang telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir di bidang perlucutan nuklir secara keseluruhan.

Perlombaan Senjata

Meskipun tindakan pembalasan terhadap penarikan Amerika dari Perjanjian INF, Putin mencatat Rusia tidak akan ditarik ke dalam perlombaan senjata.

“Saya ingin menarik perhatian Anda pada kenyataan bahwa kita seharusnya tidak dan tidak akan terseret ke dalam perlombaan senjata yang mahal bagi kita,” kata presiden Rusia itu kepada Lavrov dan Shoigu.

Putin juga meminta para menteri kabinet untuk melaporkan tentang bagaimana Rusia dapat menangkal kemungkinan ancaman yang muncul oleh persenjataan berbasis luar angkasa.

“Kami menyadari rencana beberapa negara untuk mengerahkan senjata di luar angkasa. Saya ingin mendengar tentang bagaimana kemungkinan ancaman ini akan dilawan,” kata Putin sebagaimana dilaporkan Sputnik.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo pada Jumat 1 Februari 2019 mengumumkan Amerika Serikat akan menangguhkan kewajibannya berdasarkan Perjanjian INF pada hari Sabtu dan akan memulai proses penarikan enam bulan.

Amerika Serikat telah berulang kali mengklaim bahwa rudal 9M729 Rusia melanggar perjanjian INF yang melarang rudal berbasis darat dengan jangkauan antara 500 dan 5.500 km. Moskow, pada gilirannya, telah membantah tuduhan tersebut dengan alasan kurangnya bukti.

Facebook Comments