For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Saab Luncurkan Upaya Terbaru untuk Merebut Pasar Jet Tempur Swiss

Gripen E/F

Jet tempur Gripen pernah memenangkan kompetisi pengadaan jet tempur di Swiss, tetapi kemudian dibatalkan. Kini Saab kembali ingin bisa menjual pesawat tempur Gripen E ke Swiss, dengan proposal resmi telah diajukan ke Kantor Federal untuk Pengadaan Pertahanan pada 25 Januari 2019.

Perusahaan Swedia ini sebagaimana dilaporkan Jane Senin 28 Januari 2019, menawarkan opsi 30 atau 40 jet tempur Gripen E baru yang dibangun dengan paket offset 100% untuk industri Swiss. Penawaran Saab datang menyusul request for proposals (RFP)  untuk pesawat tempur baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Swiss pada 6 Juli 2018.

Swiss telah beberapa kali mencoba untuk mendapatkan pesawat tempur baru guna menggantikan pesawat tua mereka. Gripen sempat terpilih sebagai pemenang  namun gagal dalam referendum publik tentang pendanaannya pada tahun 2014.

Jika upaya Swiss sebelumnya diarahkan untuk mengganti armada Northrop F-5E / F Tiger II Angkatan Udara Swiss,  upaya terbaru ini juga mencakup penggantian Boeing F / A-18 Hornet.

Selain Gripen E, Swiss juga mempertimbangkan Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, Boeing F / A-18E / F Super Hornet, dan Lockheed Martin F-35 Lightning II Joint Strike Fighter (JSF).

Kementerian Pertahanan Swiss berencana untuk memilih  pesawat tempur baru pada tahun 2020, dengan persetujuan parlemen dan pemberian dana pada tahun 2022 serta pengiriman mulai tahun 2025.

Swedia sendiri akan menerima yang pertama dari 60 Gripen E pada tahun 2019, dengan pengiriman berjalan hingga tahun 2026.

Facebook Comments