For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kapal Selam Kelas Columbia Vs Ohio, Mari Bandingkan

Desain art Kelas Columbia

Amerika saat ini sedang membangun kapal selam rudal balistik atau  Ballistic Missile Submarines (SSBN)  Kelas Columbia. Kapal selam generasi terbaru ini nantinya akan menggantikan kapal Kelas Ohio yang saat ini menjadi andalan kaki nuklir bawah laut Amerika.

Kapal-kapal kelas Ohio diterima Angkatan Laut Amerika sepanjang 1980-an dan 1990-an. Saat ini ada 14 kapal selam rudal balistik kelas Ohio yang aktif, ditambah empat kapal kelas Ohio lainnya yang dikonversi untuk membawa rudal jelajah serangan darat Tomahawk.

Sebagian besar dari mereka saat ini berusia 30 tahun atau bahkan lebih tua. Kapal kelas Ohio paling tua akan mencapai akhir masa kerjanya pada tahun 2027.  Dijadwalkan bahwa pembangunan kapal kelas Columbia pertama akan dimulai pada 2019.

Sejauh ini hanya 12 kapal kelas Columbia yang akan dibangun yang berarti jumlahnya akan lebih sedikit dari Kelas Ohio. Harga rata-rata per kapal direncanakan US$ 4,9 miliar atau sekitar Rp69 triliun.

Panjang kapal hampir sama dengan Kelas Ohio meski tentu saja dalam teknologi Columbia akan jauh lebih unggul. Kelas Columbia akan menggunakan beberapa teknologi dari kapal selam serangan nuklir kelas Virginia.

Kelas Ohio/US Navy

Kapal kelas Columbia akan dilengkapi dengan 16 tabung peluncuran untuk rudal balistik Trident II yang ditingkatkan. Jumlah ini jauh di bawah Kelas Ohio yang bisa membawa 24 rudal balistik Trident II.  Kapal selam rudal balistik kelas Dreadnought Inggris yang akan dibangun juga akan menggunakan tabung peluncuran dan rudal yang sama dengan kapal kelas Columbia.

Kapal kelas Columbia akan dilengkapi dengan reaktor nuklir. Ini akan memiliki kehidupan layanan yang direncanakan 42 tahun. Telah dilaporkan bahwa reaktor nuklir akan jauh lebih senyap sehingga akan menghasilkan lebih sedikit noise daripada bola lampu 20 watt.

Kapal selam ini akan memiliki sistem penggerak listrik dan direncanakan akan memiliki buritan X, yang memungkinkan kecepatan lebih tinggi pada kedalaman yang lebih besar.

Kapal selam Amerika dikenal karena ketenangannya. Ini membuat mereka sangat sulit dideteksi.  Kapal akan menggunakan lapisan anechoic yang dikembangkan untuk kelas Virginia dan tidak digunakan oleh Ohio.  Lapisan ini akan mengurangi ancaman dari sonar aktif yang tidak bersahabat.

Untuk melihat lebih detil perbandingan kedunya, berikut data-datanya:

Sumber: Military Today

 

Facebook Comments