For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Dari Jet Tempur Hingga Senapan, Inilah Senjata-Senjata Yang Dikloning China

China kerap dituduh menggunakan cara yang kurang elegan dalam membangun teknologinya. Negara ini dikenal sebagai peniru bahkan pencuri teknologi negara lain. Beijing sendiri terkesan tidak terlalu peduli dengan segala macam tuduhan tersebut.

Tetapi apapun caranya, China memang berhasil membuat lompatan cepat dalam pengembangan teknologi, terutama dalam hal senjata. Tetapi jejak tiruan jelas tidak bisa dihapus begitu saja. Dari pesawat hingga senapan yang dibangun China memiliki kemiripan yang tidak terbantahkan dengan senjata negara lain yang sudah ada sebelumnya.

Amerika Serikat berkali-kali menyatakan keprihatinannya karena hacker China membobol data penting mereka termasuk data senjata. Meski China membantah tetapi kemudiah lahir pesawat-pesawat yang mirip dengan milik Amerika. J-20 mirip dengan F-22, J-35 jelas secara desain mirip dengan F-35. Sementara senjata rahasia lain seperti drone pun juga ditiru.

Rusia pun pernah sakit hati ketika Su-27 yang dibeli China kemudian dibongkar dan ditiru oleh China. Akhirnya sejumlah jet tempur negara inipun juga jelas menjadi analog pesawat Rusia.

Dan yang makin membuat Rusia jengkel adalah China kemudian mengekpor senjata tiruan tersebut ke negara-negara yang secara tradisional merupakan pasar bagi Moskow. Apa benar-benar tidak “sakitnya tuh di sini”

Tetapi meniru jelas memiliki kelemahan.  “Saya pikir masalah besar dengan semua senjata China – termasuk salinan peralatan Barat – adalah bahwa mereka tetap belum teruji dalam pertempuran,” kata Eric Wertheim penulis di US Naval Institute of the World dan analis angkatan laut.

Contoh-contoh ini menggambarkan sejauh mana militer China telah mengandalkan senjata kloning dari negara-negara lain:

Sukhoi Su-33 Rusia dan  Shenyang J-15 China

F-35B Lighting II Amerika dan Shenyang J-31 China

Yakovlev Yak-130 Rusia dan  L-15 Falcon  China

Sukhoi Su-27 Rusia dan Shenyang J-11 China

Antonov An-12 Rusia dan  Shaanxi Y-9 China

Northrop Grumman X-47B Amerika dan Sword China

Northrop Grumman MQ-8 Fire Scout Amerika dan Chinese SVU-200 Flying Tiger

General Atomics MQ-1 Predator Amerika dan Chengdu Wing Loong “Pterodactyl” UAV

2S19 Msta-S Self-Propelled Howitzer Rusia dan  PLZ-05 Self-Propelled Howitzer China

AM General HMMWV Humvee Light Truck Amerika dan Chinese Dongfeng EQ2050 Brave Soldier

Multiple rocket launcher BM-30 Smerch Rusia dan multiple rocket launcher PHL03 China

BMP-1 amphibious infantry fighting vehicle Rusia dan WZ-501 amphibious infantry fighting vehicle China

M-4A1 Amerika dan  CQ 5.56mm Chhina

FGM-148 Javelin anti-tank missile Amerika dan Hongjian-12 Red Arrow anti-tank missile China.

Itu baru sebagian. Kalau kita melihat pesawat China memang sangat mirip dengan pesawat yang sudah ada sebelumnya. Itu terjadi tidak hanya sekarang, tetapi sudah sejak lama. Mari kita lihat dan bandingkan

Chinese Aeronautical Engineering marvels 3

Aermacchi buatan Eropa (kanan), dan sekarang dipasarkan oleh Pakistan Aeronautical di bawah upaya kerjasama antara pemerintah Pakistan dan China.

Same to shame - Chinese Aeronautical Engineering marvels - Part three 4

Same to shame - Chinese Aeronautical Engineering marvels - Part three 5Same to shame - Chinese Aeronautical Engineering marvels - Part three 3 Same to shame - Chinese Aeronautical Engineering marvels - Part three 2 PLAAF same to same copy 4

Same to shame - Chinese Aeronautical Engineering marvels - Part three 6

Facebook Comments

error: Content is protected !!