For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Jenderal Cemerlang Baret Merah Pimpin BNPB

Letjen Doni Monardo/Facebook

Di tengah berbagai bencana yang terjadi di Indonesia, Presiden Joko Widodo secara mendadak mengganti Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Seorang jenderal baret merah yang dikenal cemerlang dalam kariernya ditunjuk untuk mengemban jabatan setingkat menteri tersebut.

Letnan Jenderal Doni Monardo akan dilantik sebagai Kepala BNPB menggantikan Laksamana Muda TNI (purn) Willem Rampangile Rabu 2 Januari 2018. Doni saat ini menjabat Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) yang dia tempati sejak pertengahan Maret 2018.

Doni adalah lulusan Akademi Militer 1985 dan terbilang moncer. Sejumlah pos strategis pernah didudukinya. Doni sempat menjabat Komandan Grup A Paspampres (2008), Danrem 061/Surya Kencana (2010) dan Wadanjen Kopassus (2011).

Namanya semakin berkibar ketika ditugaskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) menjadi Wakil Komando Satuan Tugas untuk membebaskan kapal MV Sinar Kudus yang dibajak perompak Somalia. Bintangnya bertambah terang saat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada 2012.

Karier moncer Doni lainnya dia pernah didapuk menjadi Danjen Kopassus pada tahun 2014. Di tahun berikutnya Doni digeser menjadi Pangdam XVI/Pattimura. Kemudian pada tahun 2017 jenderal tinggi besar kelahiran Cimahi 10 Mei 1963 itu dipercaya menjadi Pangdam III/Siliwang

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho membenarkan bahwa kepala BNPB yang baru akan dilantik di Istana Negara Rabu besok. “Undangan pelantikan Kepala BNPB yang telah menyebar di sosial media itu benar,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Facebook Comments

error: Content is protected !!