Tiba di India, Jet Tempur F-15 Siap Amerika akan Ditantang Su-30

Jet-jet tempur F-15 Angkatan Udara Amerika Serikat tiba di Pangkalan Udara Kalaikunda India. Dalam beberapa hari ke depan, mereka akan mengadu kemampuan melawan jet-jet tempur India, terutama Su-30MKI.

Jet-jet yang tiba pada Sabtu 2 Desember 2018 tersebut sebagai bagian dari kontingen Amerika untuk ambil bagian dalam latihan gabungan India-AS ‘Cope India 2019’ di West Bengal. Latihan 12 hari dimulai pada 3 Desember dan berlanjut hingga 14 Desember di Pangkalan Udara Kalaikunda dan Pangkalan Udara Arjan Singh (Panagarh) di Bengal Barat.

Latihan ini akan menjadi tuan rumah lebih dari 40 pesawat termasuk pesawat F-15 dan C-130H dari USAF. Pesawat tempur akan beroperasi dari AFS Kalaikunda (KKD) dan pesawat angkut dari AFS Panagarh.

Kontingen Angkatan Udara India akan terdiri dari pesawat Su-30MKI, Mirage-2000, Jaguar, IL-78, C-130J, AWACS dan AEW & C.

“Latihan CI19 adalah kerjasama lama antara US Pacific Air Forces (PACAF) dengan Angkatan Udara India yang difokuskan pada peningkatan kerja sama Amerika-India dan membangun kemampuan dan taktik, ” kata konsulat Amerika di India dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip Zeenews India.

Sekitar 200 Airmen dengan 15 pesawat Amerika dari Wing 18, Pangkalan Kadena Air Base, Jepang dan Airlift Wing 182, Illinois Air National Guard akan mengambil bagian dalam latihan ini.

“Melalui partisipasi dalam COPE India, saya yakin bahwa semua penerbang yang terlibat akan meningkatkan keterampilan mereka dan membangun ikatan yang berarti melalui keterlibatan dan pertukaran bilateral,” kata Kolonel Darryl Insley, Komandan 13th Air Expeditionary Group-COPE India 2019 (AEG-CI19).

Cope India terakhir diadakan delapan tahun lalu atau tahun 2010. Cope India dimulai pada 2004 sebagai latihan pelatihan tempur yang diadakan di Air Station Gwalior. Latihan ini telah berevolusi untuk menggabungkan pertukaran ahli, pelatihan mobilitas udara, pelatihan tempur udara dan latihan kekuatan besar.

Facebook Comments

error: Content is protected !!