India Segera Cek Dua Mirage-2000 Hadiah Prancis

Mirage 2000N

Di tengah kontroversi yang masih berkecamuk terkait pembelian jet tempur Rafale, Angkatan Udara India akan berangakt menuju Prancis Desember ini untuk memeriksa dua jet tempur Mirage-2000 buatan Dassault yang akan diberikan sebagai hadiah kepada mereka.

Dengan kesepakatan Rafale yang dilakukan untuk 36 jet tempur, Perancis telah menawarkan dua pesawat tempur Mirage-2000 ke India hampir gratis.

Mirage-2000 adalah pesawat yang lebih tua dan digunakan secara ekstensif oleh Angkatan Udara India dalam perang Kargil.  Tim yang dikirim ke Prancis untuk melihat “kualitas” dua pesawat.

Sebagaimana dilaporkan Times of India, Minggu 2 Desember 2018, tim akan pergi ke pangkalan udara Perancis Chateaudun, tidak jauh dari Paris untuk melihat pesawat. India pada prinsipnya menerima tawaran itu dan pemeriksaan akan menilai kualitas.

Jika semuanya berjalan seperti yang diharapkan, Angkatan Udara India akan memiliki dua pesawat tempur Mirage-2000 itu akan bergabung dengan 50 pesawat sejenis yang telah mereka miliki.

Angkatan udara bisa menerbangkan pesawat-pesawat ini untuk sementara waktu, tergantung pada seberapa bagusnya mereka.  Kemudian, keduanya bisa diambil suku cadang. Ini juga sangat penting karena Angkatan Udara India menghadapi kekurangan suku cadang Mirage-2000 di masa depan karena lini produksi pesawat ini telah ditutup.

Facebook Comments

error: Content is protected !!