Boomer Baru Rusia Mulai Uji Laut, Dua Lagi Dibangun

Kapal selam rudal balistik Kelas Borey terbaru Rusia, Prince Vladimir mulai melakukan uji laut. Moskow pun bertekat untuk membangun dua lagi jenis kapal selam yang juga disebut sebagai boomer ini hingga akhirnya mereka memiliki 11 armada.

Pertama kali diperkenalkan pada 2007, kapal selam rudal balistik kelas Borey adalah kapal selam Rusia yang pertama kali dibangun sejak akhir Perang Dingin.

Meski dalam hal berat kelas Borey jauh yang berbobot 24.000 ton sangat tidak sebanding dengan kapal selam kelas Typhoon seberat 48.000 ton, mereka masih dapat membawa 16 rudal balistik kapal selam Bulava  yang menjadikan mereka bagian yang kuat dari triad nuklir Moskow.

Kapal Selam Kelas Borey Dolgurkiy

Tiga kapal kelas ini sudah dalam pelayanan, dua kapal baru akan menjadi kelas Borey-A  yang lebih canggih.

Kapal selam dibangun di kota Severodvinsk di utara, di mana galangan kapal Sevmash berlokasi dan dimulai pada 2024. Belum ada nama untuk dua kapal yang akan dibangun.

Prince Vladimir pergi ke lautan untuk pertama kalinya pada 28 November 2018 lalu. Versi ini ditingkatkan dengan sistem propulsi yang lebih baik.

Rusia bukan satu-satunya negara yang mengembangkan armada kapal selam rudal balistiknya. Angkatan Laut Amerika sedang dalam proses pembanguan 12 kapal selam kelas Columbia yang akan menggantikan armada kelas Ohio. India maupun Korea Selatan juga meluncurkan kapal selam rudal balistik pertama mereka awal tahun ini.

 

Facebook Comments

error: Content is protected !!