Uni Eropa ke Trump: Tolong Hormati Sekutu Anda, Karena Anda Tidak Punya Banyak

Donald Tusk

Ketegangan antara Washington dan Brussels terus meningkat karena sikap Presiden Amerika Donald Trump tentang pembelanjaan dan perdagangan pertahanan NATO tetap tidak berubah. Menanggapi hal tersebut, Presiden Uni Eropa, Donald Tusk meminta agar Trump menghormati sekutu Eropanya,

“Amerika sayang, hargai sekutu Anda, bagaimanapun Anda tidak memiliki banyak [sekutu seperti Eropa],” kata Tusk kepada Trump pada upacara penandatanganan Joint Declaration on EU-NATO cooperation.

Dia menekankan bahwa Amerika Serikat tidak akan pernah menemukan sekutu yang lebih baik daripada Eropa.  Dia juga mengecam presiden Amerika karena hampir setiap hari mengkritik Eropa.

Sebelumnya pada hari itu, Trump dalam sebuah tweet mengecam keras pendekatan Uni Eropa untuk berdagang menjelang KTT mendatang antara Uni Eropa dan Organisasi Atlantik Utara.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa negara-negara anggota aliansi membuat peningkatan terbesar dalam pembelanjaan pertahanan dalam satu generasi pada tahun 2017.

“Kami akan merilis perkiraan pembelanjaan pertahanan 2018 untuk setiap aliansi: tahun lalu melihat peningkatan terbesar dalam satu generasi dan ini adalah tahun keempat berturut-turut terjadi peningkatan nyata. Kami berharap delapan sekutu menghabiskan setidaknya 2% dari PDB pada pertahanan dibandingkan dengan 3 pada tahun 2014, “kata Stoltenberg seperti dikutip oleh juru bicara NATO Oana Lungescu.

Stoltenberg juga mengatakan bahwa sejak 2014 semua negara anggota telah menghentikan pemotongan pembelanjaan pertahanan.

Trump sering menuduh anggota aliansi militer menumpang Amerika Serikat. Presiden menyiarkan keluhannya lagi pada hari Senin, hanya beberapa hari sebelum KTT NATO dua hari akhir pekan ini.

Trump mengatakan Amerika Serikat menghabiskan jauh lebih banyak untuk NATO daripada negara lain. Dia juga  menambahkan bahwa negara-negara telah meningkatkan kontribusi mereka sejak ia menjabat pada Januari 2017, tetapi mereka harus melakukan lebih banyak lagi.

Pemerintah Trump telah berulang kali menekan negara-negara Eropa untuk menyuntikkan dana yang lebih besar dalam NATO, dengan alasan ketidakmampuan sebagian besar negara Uni Eropa untuk memenuhi target belanja pertahanan aliansi 2 persen dari PDB mereka. Trump menekankan bahwa NATO lebih menguntungkan Eropa daripada Amerika Serikat.

Facebook Comments

Translate »