For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Yaman dan Konfliknya

yaman

Keretakan Sunni-Syiah

Mayoritas penduduk Yaman adalah muslim, tetapi dibagi antara berbagai cabang Islam – terutama Sunni atau Syiah Zaidi.

Zaidi Syiah membentuk sekitar 40 persen dari penduduk Yaman – adalah satu-satunya sekte Syiah yang tidak berbagi keyakinan dalam pilihan infalibilitas dan ilahi imam, sangat dihormati sebagai pemimpin spiritual di kalangan Syiah. Hal ini menyebabkan mereka untuk lebih dekat dengan praktek-praktek Sunni.

Pada saat yang sama, selama dekade terakhir, Salafi dan Wahhabi  yang berasal dari negara tetangga Arab Saudi juga semakin berpengaruh di Yaman.

houthiw

Houthi

Houthi merupakan cabang Zaidi Syiah dari ujung utara Yaman, berdekatan dengan perbatasan Saudi. Nama kelompok berasal dari keluarga suku terkemuka.

Anggotanya – seorang pemimpin agama Zaidi dan mantan anggota parlemen Yaman, Hussein Badreddin al-Houthi – dituduh oleh pemerintah mendalangi pemberontakan Houthi, termasuk demonstrasi kekerasan anti-Israel dan anti-Amerika, pada tahun 2004.

Rezim Yaman memerintahkan perburuan al-Houthi, yang berakhir dengan ratusan penangkapan dan kematian pemimpin Zaidi, dengan puluhan pendukungnya juga tewas.

Sejak saat itu, Houthi telah aktif berjuang dengan pusat kekuasaan, menuntut pengaruh politik yang lebih besar dan menuduh pemerintah bersekutu dengan terutama Wahhabi Arab Saudi sementara mengabaikan pembangunan nasional dan kebutuhan suku tradisional Zaidi.

Sementara Yaman sekarang diperangi Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi telah mengklaim bahwa Houthi yang didukung oleh Hizbullah – milisi Syiah Lebanon – beberapa pejabat Barat telah menuduh bahwa Iran mendukung finansial Houthi dalam upaya untuk mengendalikan Laut Merah pantai Yaman. Tuduhan ini dibantah oleh Houthi sendiri.

yaman

Al-Qaeda & ISIS

Sejak tahun 2009, Yaman telah menjadi basis operasional militan Al-Qaeda. Setelah Al-Qaeda cabang Yaman dan Saudi bergabung untuk membentuk Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), kelompok menjadi salah satu kelompok paling berbahaya dari Al-Qaeda. Keluarga Osama bin Laden tinggal di Yaman selatan sebelum beremigrasi ke Arab Saudi.

Melawan AQAP, Yaman telah didukung oleh Amerika Serikat. Sejak tahun 2007, AS telah memasok lebih dari $ 500 juta bantuan militer ke Yaman melalui program yang dikelola oleh Departemen Pertahanan dan Departemen Luar Negeri, dan melakukan serangan pesawat tak berawak ke negara ini. Ideologi Al-Qaeda didasarkan pada Sunni Islam dan dengan demikian memusuhi Houthi, yang juga telah berperang dengan militan AQAP.

Dengan beberapa serangan di negara itu – termasuk pemerintah resmi, Houthi, dan AQAP – kekacauan Yaman memberikan lahan subur bagi kelompok bersenjata.

Kelompok ini berafiliasi dengan ISIS sekarang juga beroperasi di Yaman, melakukan aksi teror terhadap militer dan sipil.

Facebook Comments