For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Yaman dan Konfliknya

Bangunan di Yaman hancur karena serangan udara

Salah satu negara termiskin dan paling keras di Timur Tengah. Negara ini dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi salah satu medan perang paling keras. Koalisi pimpinan Arab Saudi terus menggempur wilayah ini untuk mengalahkan Houhti yang dinilai merebut kekuasaan dari pemimpin yang diakui secara internasional.

Perang telah mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia, puluhan ribu mengungsi, wabah kelaparan, penyakit kolera dan sebagainya.

Yaman merupakan daerah penting dan strategis untuk pemain regional. Daerah telah melewati sejarah panjang.

Dan berikut lima hal yang perlu diketahui tentang Yaman dan konflik yang ada di negara tersebut.

Map of Yemen

Lokasi Yang Strategis

Wilayah yang terletak di dalam perbatasan Yaman adalah salah satu paling maju pada masa peradaban kuno di Timur Tengah, dulu dikenal sebagai ‘Arabia Felix’.

Tanah Yaman lebih subur daripada kebanyakan daerah di Semenanjung Arab, karena mereka menerima lebih banyak hujan karena pegunungan tinggi. Tetapi karena menurunnya sumber daya alam, termasuk minyak, Yaman dan penduduknya sekitar 26 juta sekarang sangat miskin.

Namun, negara ini menawarkan lokasi yang strategis di ujung barat daya Saudi. Hal ini terletak di sepanjang rute laut utama dari Eropa ke Asia. Jutaan barel minyak melewati perairan ini setiap hari di kedua arah, ke Mediterania melalui Terusan Suez dan dari kilang minyak di Arab Saudi ke pasar yang haus energi Asia. Aden adalah salah satu pelabuhan tersibuk di dunia pada abad ke-20.

yaman2

Yaman Utara & Selatan, ditambah suku-suku

Meskipun sejarah tanah Yaman sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, Yaman modern sendiri adalah negara muda. Negara saat ini mengambil bentuk pada tahun 1990, setelah Yaman Utara dan Selatan bersatu. Sebelum itu, kedua bagian yang terlibat dalam konflik mereka sendiri.

Yaman Utara didirikan sebagai republik pada tahun 1970, setelah bertahun-tahun perang saudara antara kaum royalis dan republiken, dengan yang pertama didukung oleh Arab Saudi dan yang terakhir oleh Mesir.

Mantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, naik ke tampuk kekuasaan melalui militer dan memegang kekuasaan selama beberapa dekade. Meskipun Yaman Selatan setuju untuk bergabung dengan republik utara pada tahun 1990, mereka tidak segera melebur. Utara dan selatan justru terlibat dalam perang saudara baru, sehingga ribuan korban jiwa, sementara kekuasaan Saleh menang.

Di luar kota Yaman, ada sejumlah daerah suku yang efektif berpemerintahan sendiri. Dengan sejumlah besar warga sipil yang memiliki senjata. Bahkan diyakini jumlah senjata lebih banyak dibandingkan jumlah warganya. Milisi suku setempat sering menekan tentara nasional dan menerapkan hukum mereka sendiri, berdasarkan tradisi daripada konstitusi negara.

NEXT

Facebook Comments