8 Kapal Luar Biasa Yang Mendobrak Fungsi Dasarnya

Kapal-kapal ini luar biasa. Ada yang dapat melakukan  flip, menembus badai yang sangat keras, membawa seluruh bagian dari alat pengboran minyak lepas pantai ke laut dan fungsi-fungsi yang spektakuler lainnya.

Kapal-kapal ini tidak sekadar menjadi alat yang mengapung dan melintasi air menghubungkan satu darat dengan daratan yang lain.

Berikut adalah delapan kapal laut yang telah mengubah cara pandang manusia terhadap untuk apa kapal sebenarnya dibuat

1.RP FLIP

Para ilmuwan Fred Fisher dan Fred Spiess menciptakan RP FLIP yang merupakan singkatan dari floating Instrumen Platform pada tahun 1962 sebagai sarana untuk mempelajari gelombang suara bawah air.

Kapal yang dimiliki dan dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat ini memiliki sebuah fitur yang tidak biasa karena bisa berubah posisi menjadi tegak lurus ke permukaan laut dan dengan bagian depan menyelam ke air hingga hanya menyisakan bagian belakang kapal di atas permukaan.

Kemampuan kapal sepanjang 355 kaki ini untuk meneliti tidak hanya gelombang suara tetapi juga gelombang tinggi dan suhu air

Untuk membalik FLIP, awak membanjiri tank yang terletak panjang, ujung sempit kapal dengan 700 ton air laut. Mereka memompa udara ke dalam tangki atas untuk menjaga  bagian bulat kapal mengapung.

Ketika penelitian selesai, awak  menggantikan air di delapan dari tangki terendam dengan udara terkompresi, menyebabkan FLIP  kembali ke posisi horisontal. Fitur FLIP  lain yang inovatif termasuk furniture (dan bahkan toilet) dibangun di atas memutar sehingga mereka bisa digunakan dalam posisi horisontal dan vertikal FLIP dan dinding yang menjadi deck ketika flip terjadi.

2.Vanguard

Dibangun pada tahun 2012, Vanguard adalah kapal mengapung terbesar di dunia. Kapal kargo ini 70% lebih besar dibandingkan kapal kargo lainnya.

Perusahaan minyak dan gas layanan Dockwise memiliki dan mengoperasikan kapal, yang dapat membawa sampai 110,00 ton kargo  termasuk membawa kapal perang dan bahkan seluruh bagian yang dibutuhkan dalam penambangan minyak.

Tidak seperti kapal kargo berat lainnya, Vanguard menawarkan dek datar dengan. Hal ini berarti area sepanjang  900 kaki dan lebar 230 kaki merupakan daerah terbuka yang digunakan untuk kargo.

Kapal ini juga semi-submersible, sehingga masih ada ruang yang tenggelam di bawah air yang berguna ketika Vanguard perlu untuk menarik beban yang ada di bawah air seperti ketika membalik kapal Costa Concordia dan, setelah tangki ballast dikosongkan, membawa mereka kembali ke darat.

3. Sea Shadow

Lockheed Martin membangun Sea Shadow selama Perang Dingin sebagai kapal uji rahasia untuk US Navy, operasi diam-diam dilakukan di perairan lepas pantai California Selatan dari tahun 1985 sampai 1993.

Tujuan mereka untuk melihat apakah kapal angkatan laut bisa menggunakan teknologi siluman sepert yang diusung pesawat F -117 Nighthawk.

Desain petak Sea Shadow  sama dengan yang digunakan dalam semi-submersible yang kerap digunakan dalam pengeboran minyak lepas pantai  hingga memungkinkannya untuk meminimalkan suara kapal di dekat permukaan laut.

Kapal juga akan tidak terlalu terpengaruh oleh gelombang dan lebih stabil bahkan dalam badai yang kasar sekalipun. Juga, bentuk-nya yang tidak biasa terdiri dari bidang datar yang dipasang di sudut 45 derajat serta radar menyerap pelapis ferit besi di kapal eksterior-membuktikan bahwa Shadow Sea memang tidak bisa terdeteksi.

 NEXT
Facebook Comments