8 Kapal Luar Biasa Yang Mendobrak Fungsi Dasarnya

7. Wave Glider

Menemukan cara yang terjangkau untuk mengumpulkan data lingkungan dalam kondisi terlalu berbahaya bagi manusia. Itulah ide di balik Wave Glider, serangkaian drone laut tanpa awak yang dikembangkan oleh California start-up Robotika Cair.

Dua bagian kapal memiliki papan selancar skimmer seperti yang mengapung di permukaan, dilengkapi dengan panel surya untuk membantu kekuatan itu. Energi tambahan disediakan oleh sayap bawah air yang terhubung ke skimmer dengan tali 22-kaki-panjang.

Wave Glider mengapung bersama, sayapnya mengikuti gerakan laut: miring ketika gelombang mengangkat skimmer, memutar ke bawah pada gelombang turun. Hal ini membuat skimmer bergerak dengan dasarnya penarikan ke laut kualitas yang ideal untuk kondisi laut kasar.

The Wave Glider dapat disesuaikan dengan sampai 70 sensor yang berbeda untuk mengumpulkan data, termasuk sensor akustik dan instrumen pemetaan. Informasi ini kemudian disampaikan jarak jauh melalui sistem operasi berbasis cloud yang disebut Regulus.

8. SeaOrbiter

Meski sampai saat ini masih dalam tahap prototipe, SeaOrbiter akan kapal eksplorasi non-stop pertama di dunia yang memungkinkan para ilmuwan untuk menghabiskan waktu berbulan-bulan di laut dalam mencari lifeforms baru.

Jacques Rougerie arsitek kelautan mulai memunculkan ide laboratorium air lebih dari satu dekade lalu.

Memiliki panjang hampir 200 meter struktur 1.000 ton ini akan memiliki tenaga angin dan matahari dan dibangun dari aluminium daur ulang yang dikenal sebagai Sealium, yang dirancang untuk lingkungan yang keras laut itu.

Di dalam, ia akan memiliki kedua laboratorium penelitian dan tempat hiperbarik bertekanan, sehingga siapa pun tidak akan mengalami dekompresi laut dalam.

Akan ada kapal selam juga lebih kecil untuk eksplorasi individu dan drone yang bisa menyelam hingga 20.000 kaki. Pembangunan SeaOrbiter diharapkan mulai akhir tahun ini.

Sumber: popularmechanics.com

 

 

 

Facebook Comments