For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Destroyer Kolkata India Vs Type-52D China, Hebat Mana?

PERANG ANTI KAPAL SELAM

Kolkata

RBU-6000
RBU-6000

Kelas ini memiliki suite sangat seimbang pada senjata dan sensor anti kapal selam. Sonar HUMSA yang dibanguns endiri dan array diderek belum akan dibeli. Hal ini akan menjadi halangan sementara dan kemungkinan besar akan segera menerima Thales ATAS.

Senjata utama anti kapals elam adalah 2 twin tabung torpedo 533 mm yang dapat menembak jarak jauh torpedo kelas berat dengan jarak hingga 40 km. Kapal ini dilengkapi dengan sistem peluncuran roket RBU-6000. Sistem unik yang dapat meluncurkan berbagai roket ASW dilengkapi dengan ranjau, bahan peledak atau umpan. Dua peluncur dengan total 24 tabung roket dan dapat 192 roket isi ulang. Sistem ini memiliki jangkauan maksimal 6 km yang membuatnya efektif terhadap kapal selam di perairan pantai ataupun laut dalam.

Senjata ini juga dapat bertindak sebagai hardkill terhadap torpedo yang masuk jika peringatan berhasil diterima. Peran lainnya dapat melawan pasukan katak di mana ia dapat menembak penyelam tempur yang mencoba untuk menyabot kapal.

The dual helicopter hangars
The dual helicopter hangars

Kemampuan perang anti kapal selam luar cakrawala disediakan oleh helikopter ASW. Kolkata memiliki dua hangar besar yang dapat membawa hampir semua helikopter ASW modern. Karena India yang paling mungkin mendapatkan MH-60R sebagai ASW berikutnya. Sebanyak dua helikopter bisa dibawa dan akan membuatnya sangat efektif terhadap kapal selam musuh. Saat ini ia dapat menyebarkan helikopter ASW Seaking yang dapat membawa dua torpedo ringan. Secara keseluruhan kelas Kolkata memiliki kemampuan ASW yang seimbang dan kuat setara dengan barat.

TYPE-52D

Bow mounted sonar
Bow mounted sonar

Tipe-52D memiliki sonar dan array sonar ditarik. Senjata utama anti kapals lam adalah dua tripel peluncur torpedo sehingga memiliki enam tabung tabung torpedo ringan. Senjata ini memiliki jangkauan sekitar 15 km. Kapal juga memiliki 4, peluncur roket ASW 18 tabung, yang tidak bisa diisi ulang dan memiliki jangkauan sekitar 1 km. Senjata ini digunakan untuk menembakkan umpan terhadap torpedo yang masuk dan bertindak sebagai pertahanan terakhir melawan kapal selam.

Single helicopter hangar and ASW rocket launchers (highlighted)
Single helicopter hangar and ASW rocket launchers (highlighted)

Kapal ini dikabarkan juga dapat membawa rudal anti kapal selam yang diluncurkan secara vertikal dengan kisaran 30 km. Namun laporan ini belum dikonfirmasi dan tidak ada bukti dari rudal tersebut.

Untuk pertempuran jarak jauh kemampuan anti kapals elam disediakan oleh satu helikopter yang berarti setengah dari kemampuan Kolkata yang bisa membawa dua helikopter. Secara keseluruhan, jangkauan kapal dalam hal anti kapal selam ini relatif lebih rendah dibanding kelas Kolkata. Ini adalah satu-satunya kategori mana kapal India mendominasi.

Kesimpulannya Kelas Kolkata sedikit ada di bawah Type-52D secara keseluruhan. Tetapi kekuatan utamanya terletak pada sistem radar dan ASW. Sementara Type -52D memiliki kekuatan dalam perang anti udara dan anti permukaan.

Yang harus diingat kedua kapal adalah produk dalam negeri pertama masing-masing negara dan benar-benar layak perhatian yang mereka dapatkan.

Dengan peringkat lebih tinggi, bukan berarti Type-52D akan pasti menang melawan Kolkata jika terjadi pertempuran satu lawan satu. Kemenangan dalam konflik tergantung pada pelatihan awak, pengendalian kerusakan dan taktik yang digunakan kapten.

 

 

Facebook Comments