For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Di Bawah Program Skyborg, F-35 dan F-15EX dapat Mengendalikan Drone Tempur

XQ-58A Valkyrie

Jet tempur F-35 dan F-15EX Amerika bisa mendapatkan wingman drone di tahun-tahun mendatang. Mereka sedang mengeksplorasi cara-cara untuk memadukan F-35 Lockheed Martin dan F-15EX baru milik Boeing dengan drone Valkyrie XQ-58 yang dibuat oleh Kratos Defense – atau platform tak berawak serupa.

Pejabat tinggi akuisisi Angkatan Udara Amerika, Will Rope,  kepada Defense News mengatakan US Navy sedang berdiskusi dengan Boeing dan Lockheed mengenai prospek tersebut, dan Laboratorium Penelitian Angkatan Udara sedang mengerjakan teknologinya.

“Saya sangat bersemangat melakukannya, dan F-35 memiliki peluang bagus untuk melakukan ini sebagai bagian dari Block 4,” kata Roper dalam wawancara eksklusif dengan Defense News 21 Mei 2019. “Kami mungkin juga memiliki kesempatan untuk melakukan ini sebagai bagian dari F-15EX.”

Roper mengatakan kepada anggota parlemen bulan ini bahwa Valkyrie akan beralih ke program prototipe yang dikenal sebagai Skyborg, di mana drone akan dilengkapi dengan sensor dan muatan baru dan akan jaringan ke jet tempur berawak. Skyborg juga digagas untuk bertindak sebagai asisten pilot seperti R2-D2 dalam film “Star Wars”.

Tetapi sampai sekarang, Angkatan Udara belum mengidentifikasi apakah platform yang akan dilengkapi dengan Skyborg atau bekerja sama dengan XQ-58 Valkyrie.

Valkyrie, yang menerbangkan uji terbang pertamanya di Yuma Proving Ground, Arizona, pada 5 Maret, dirancang untuk tampil dan bermanuver seperti jet tempur.  Drone ini dapat terbang dengan kecepatan subsonik tinggi, lepas landas tanpa landasan pacu, dan menurut Kratos,  bisa terbang dengan rentang 1.500 mil dengan muatan 500 pound.

Loading...

Angkatan Udara juga menilai apakah sistem udara tak berawak lainnya akan melengkapi program Skyborg.

Roper mengatakan, tim jet tempur dengan drone dapat membuka pintu untuk cara yang sama sekali berbeda untuk melakukan pertempuran udara. Sebagai contoh, formasi empat pesawat yang khas dari F-15 akan bisa diganti dengan satu F-15EX dan tiga Valkyrie.

“Kita bisa mengambil risiko dengan beberapa sistem untuk menjaga yang lain lebih aman,” kata Roper.

Untuk F-35, jalur untuk menggabungkan Skyborg akan melibatkan perangkat lunak – mirip dengan aplikasi iPhone – yang dapat diinstal pada jet selama fase modernisasi Block 4 pada awal 2020-an.

Baca juga:

Mengejutkan, Drone XQ-58A Valkyrie Lakukan Terbang Perdana

Loading...
Facebook Comments