For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Sayap Terbang Hunter Rusia Ternyata Memang Drone Besar

Citra satelit secara jelas bisa menggambarkan bagaimana ukuran dari drone sayap terbang Rusia yang disebut sebagai S-70 Okhotnik-B.

Pesawat yang juga dikenal sebagai Hunter-B ini sangat besar, dengan lebar sayap bahkan lebih besar daripada jet tempur Su-34 Fullback. Gambar, yang tampaknya berasal dari sekitar tanggal perjalanan Presiden Rusia Vladimir Putin baru-baru ini ke Pusat Uji Penerbangan Negara Chkalov ke-929, juga memperlihatkan sejumlah senjata yang dipajang di sebelah drone.

Putin mengunjungi Chkalov, yang terletak di wilayah Astrakhan di barat daya Rusia, pada 14 Mei 2019, tiba dengan pengawalan enam jet tempur Su-57. Citra satelit dari jalur penerbangan di pusat pengujian kemudian muncul di media sosial, menunjukkan kendaraan udara tak berawak di sebelah Su-57 dan pesawat lain, termasuk Su-34, MiG-29, dan beberapa varian Flanker Sukhoi.

Citra baru tampaknya menunjukkan bahwa drone memiliki skema cat baru, yang mungkin menunjukkan bahwa itu adalah desain yang lebih halus atau prototipe kedua.

Pesawat-pesawat lain memberikan gambaran yang lebih akurat tentang skala Okhotnik-B. Gambar-gambar lain yang muncul secara online pada Januari 2019 telah menunjukkan sebuah drone besar pada apa yang tampaknya menjadi pabrik Asosiasi Produksi Pesawat Novosibirsk Sukhoi, yang berada di provinsi Siberia Rusia dengan nama yang sama.  Pada saat itu sejumlah pihak menyebut drone tersebut secara dimensi mirip dengan Northrop Grumman X-47B, yang panjangnya 38 kaki dan memiliki lebar sayap 62 kaki.

Dari citra satelit, yang terlihat di bagian atas cerita ini dan di bawahnya, dapat dikatakan bahwa Okhotnik-B memiliki lebar sayap lebih dari 50 kaki dan panjang sekitar 34 hingga 36 kaki. Dimensi akan menempatkannya di kelas yang sama dengan X-47B.

Gambar satelit juga memberikan perspektif top-down nyata pertama pada Okhotnik-B, menunjukkan bahwa planform tersebut memiliki sapuan sayap yang lebih jelas daripada X-47B. Ini dapat memberikan drone Rusia kecepatan tertinggi yang lebih tinggi dan efisiensi serta kemampuan manuver yang lebih baik pada kecepatan tinggi yang berkelanjutan.

Juga diketahui bahwa Okhotnik-B adalah satu-satunya pesawat yang terlihat di jalur penerbangan dengan sejumlah senjata di sebelahnya. Tidak jelas apakah senjata itu benar-benar dimaksudkan untuk dikaitkan dengan drone atau tidak.

Gambar-gambar pesawat tak berawak yang tersedia saat ini tidak menawarkan pandangan yang jelas dari sisi bawahnya untuk menentukan apakah memiliki semacam teluk internal atau cantelan senjata eksternal.

Sebuah gambar yang muncul secara online pada Januari 2019 memperlihatkan traktor besar yang menarik prototipe Okhotnik-B

Jika Rusia berniat agar desain akhir memiliki karakteristik siluman, Rusia harus membawa senjata apa pun secara internal.

Namun instalasi mesin pesawat secara jelas tidak memenuhi syarat untuk mencapai tingkat siluman. Knalpot adalah komponen yang sangat kompleks dari pesawat sayap terbang siluman. Keseluruhan pengaturan mesin, termasuk inlet dan exhaust, juga tampaknya relatif in-line, fitur yang akan mengganggu karakteristik siluman.

Dikombinasikan dengan sapuan sayap tinggi, konfigurasi mesin ini dapat menambah karakteristik performa tinggi Okhotnik-B. Mesin afterburning juga akan memberikan dorongan tambahan pada drone, yang berpotensi mendorongnya ke kecepatan transonik, atau bahkan lebih, meski hanya dalam sprint durasi pendek.

Dengan konfigurasi kinerja yang kurang tersembunyi, tetapi kecepatan lebih tinggi, Okhotnik-B dapat menawarkan manfaat bagi Angkatan Udara Rusia, termasuk sebagai “loyal wingman ” untuk Su-57. Sudah ada bukti bahwa Rusia mungkin sedang mengeksplorasi konsep kerja tim menggunakan dua platform ini.

Desain yang berpotensi berkinerja tinggi dapat membuat Okhotnik-B sangat cocok untuk peran loyal wingman, karena itu akan membantu drone lebih baik mengikuti jet tempur berawak berkinerja tinggi seperti Su-57.

Baca juga:

Drone Siluman Rusia Menampakkan Diri, Apa Yang Bisa Kita Tahu?

Facebook Comments