For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Destroyer Kelas Udaloy, Pemburu Kapal Selam Andalan Rusia

Destroyer Kelas Udaloy Admiral Chabanenko (depan) dan Admiral Levchenko

Dilaporkan sebelumnya destroyer rudal kelas Udaloy Rusia, Severomorsk dibayangi secara ketat oleh fregat Angkatan Laut Inggris HMS Northumberland Angkatan Laut Inggris saat melintas di selat Inggris Rabu 15 Mei 2019.

Kelas Udaloy menjadi salah satu destroyer andalan Rusia. Bagaimana sejarah dan kemampuan kapal perang ini?

Sebelumnya kita sudah membahas destroyer-destroyer terbaik milik Inggris, Amerika, China dan India. Untuk lebih fair, kita juga akan mengupas destroyer milik Angkatan Laut Rusia.

Rusia memiliki beberapa destroyer dan Kelas Udaloy menarik untuk dibahas.  Destroyer ini memiliki peran khusus untuk melakukan perang anti-kapal selam. Dia disebut-sebut sebagai salah satu pemburu kapal selam terbaik di dunia.

Soviet tahu bahwa saingan mereka yakni Amerika sedang mengembangkan sebuah kapal selam nuklir serangan pertama yang akan memasuki layanan pada awal tahun 1970. Angkatan Laut Amerika sudah memiliki armada kapal selam yang mengesankan kala itu dengan telah memberi ancaman besar untuk operasi sub-centric angkatan laut Soviet. Untuk mengatasi ancaman ini maka Moskow mengembangkan sebuah platform baru untuk memburu dan menghancurkan kapal selam.

SSN Kelas Los Angeles Amerika mulai layanan masuk dari awal 1970-an dan salah satu target utama untuk Udaloy.
SSN Kelas Los Angeles Amerika mulai layanan masuk dari awal 1970-an dan salah satu target utama untuk Udaloy.

Selain juga mengembangkan kapal selam pemburu atau SSN, Soviet juga membangun kapal permukaan anti-kapal selam. Kremlin menginginkan sebuah kapal yang benar-benar handal untuk melakukan tujuan ini dengan sonar dan senjata canggih yang mampu untuk mencari kapal selam Amerika dan menghancurkan mereka.

Loading...

Kebutuhan ini menyebabkan perkembangan dari perusak kelas Udaloy, salah satu pembunuh kapal selam paling ampuh yang pernah ada.

Udaloy

Meniru Upaya Jerman

Angkatan Laut Soviet merencanakan untuk melakukan apa yang coba dilakukan Jerman selama Perang Dunia I dan II. Mereka berencana mem-blokade Eropa dengan menggunakan kapal selam mereka didukung oleh armada permukaan sebelum meluncurkan serangan darat besar-besaran. Ini berarti bahwa Eropa tidak akan mendapatkan amunisi, makanan dan bantuan dari sekutu-sekutunya, sehingga mengurangi kemampuan warfighting-nya.

Untuk ini, mereka membutuhkan armada kapal selam dilengkapi dengan armada yang sama-sama mampu baik.

SSN utama adalah Soviet adalah November yang digantikan oleh Victor pada akhir 1960-an. Sementara kekuatan anti kapal selam diisi kapal penjelajah besar bersama dengan frigat yang lebih kecil seperti kelas Krivak.

Kapal anti kapal selam akan dikerahkan sebagai bagian dari gugus tugas besar yang akan memastikan bahwa kapal selam Soviet bisa beroperasi tanpa campur tangan dari platfrom permukaan dan udara musuh. Kelas Kara dan sebelumnya kelas Kresta dinilai terlalu besar untuk berburu kapal selam tetapi terlalu kecil untuk memimpin armada dan dengan demikian desain baru harus dibangun.

Soviet merasa bahwa Kelas Krivak terlalu kecil untuk menjadi bagian dari armada ekspedisi.
Soviet merasa bahwa Kelas Krivak terlalu kecil untuk menjadi bagian dari armada ekspedisi.

Pada 1970-an, Soviet menyadari bahwa membangun besar kapal dengan tujuan tunggal adalah strategi yang tidak ekonomis atau seefektif membangun kapal kecil tetapi dalam jumlah  yang besar. Sehingga kebutuhan untuk kapal anti kapal selam kecil yang akan dibangun untuk beroperasi bersama kapal lainnya.

Soviet juga mulai mengembangkan kapal anti permukaan yang akan memberikan perlindungan terhadap ancaman dari kombatan permukaan. Hal ini menyebabkan perkembangan dua kapal, yaitu Udaloy yang didedikasikan untuk pemburu kapal selam dan Kelas Sovremennyy untuk perang permukaan.

Sebenarnya Kelas Krivak adalah salah satu aset ASW penting angkatan laut Soviet, tetapi memiliki beberapa kelemahan yang telah tercantum di bawah ini.

  • Sonar tiba jauh setelah Krivaks telah dibangun.
  • Ukuran kapal terlalu kecil untuk operasi jarak jauh
  • Kapal ini juga tidak memiliki kemampuan penerbangan untuk membawa helikopter ASW.
NEXT: KEMAMPUAN UDALOY

Loading...
Facebook Comments