For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Qatar Beli 100 Tank Altay Turki

Prototipe Altay

Turki untuk pertama kalinya berhasil menjual tank Altay buatan mereka setelah menandantangani kesepakatan dengan Qatar.

Wakil Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) Ali İhsan Yavuz mengatakan sesuai dengan perjanjian Qatar akan membeli hingga 100 tank dari Turki dan 40 di antaranya akan dikirim ke negara Teluk pada tahap pertama.

Yavuz sebagaimana dilaporkan Daily Sabah Selasa 12 Maret 2019, mencatat bahwa setelah pengiriman pertama, tank akan menggunakna mesin buatan dalam negeri. Saat ini, prototipe Altay ditenagai oleh mesin diesel 1.500 hp dari Jerman MTU Friedrichshafen GmbH.

Kontrak untuk produksi massal tank tempur generasi baru tersebut ditandatangani antara Presiden Industri Pertahanan Turki (SSB) dan produsen kendaraan lapis baja domestik BMC pada November 2018.

Sejumlah kontraktor pertahanan lokal terkemuka seperti Roketsan, Aselsan, Havelsan, dan Institut Industri Mesin dan Kimia (MKEK) adalah di antara para pemangku kepentingan proyek Altay.

Altay, yang ditetapkan menjadi kendaraan garis depan paling penting Angkatan Bersenjata Turki. Nama tank ini diambil dari Jenderal Angkatan Darat Fahrettin Altay, yang memimpin Korps Kavaleri Kelima selama Perang Kemerdekaan Turki.

Disebut sebagia tank generasi ketiga  Altay akan dilengkapi dengan teknologi canggih, yang mampu memberikan semua jenis dukungan taktis untuk pasukan abad ke-21. Tank ini akan menjadi sangat penting bagi militer Turki di masa depan berkat mobilitasnya yang sangat baik, daya tembak yang unggul, dan daya tahan.

Altay akan memiliki meriam smoothbore kaliber 120 mm sebagai senjata utamanya. Sistem kontrol tembakan generasi terbaru akan memungkinkan pengguna untuk menembak target sembari bergerak dengan tingkat akurasi  tinggi. Tank juga akan menampilkan menara kendali jarak jauh 12,7 mm dan senjata api 7,62 mm yang dipasang di menara.

Tank juga akan menampilkan baju besi komposit untuk menahan serangan berbagai senjata anti-tank. Sistem pendukung kehidupan, kit perlindungan ranjau tambahan,  sistem peringatan laser dan sistem kesadaran situasional 360 derajat adalah beberapa elemen penting lainnya dari Altay.

Facebook Comments