For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kanada Beri Polandia Dakota Bersejarah

toronto.msz.gov.pl

Pada tanggal 8 Maret 2019, di pangkalan militer udara di Winnipeg, diadakan upacara penyerahan pesawat bersejarah gen Sosnkowski “Dakota” ke Polandia dengan partisipasi perwakilan Kedutaan Besar di Ottawa, pengacara dan Konsul Jenderal Republik Polandia di Toronto Krzysztof Grzelczyk.

Kanada memberikan sebuah pesawat DC-3 Dakota yang memiliki sejarah tersendiri ke Polandia. Pesawat diserahkan  Jumat 8 Maret 2019 lalu di Pangkalan Udara Winnipeg. Pesawat diserahkan kepada perwakilan kedutaan Polandia di Ottawa kemudian akan diangkut melalui udara ke Polandia, pertama ke Wroclaw, kemudian ke Warsawa, di mana dia akan dibawa ke Museum Angkatan Darat Polandia di Warsawa.

toronto.msz.gov.pl

Dalam siaran persnya kedutaan besar Polandia di Kanada mengatakan,  menurut informasi yang diterbitkan oleh Royal Canadian Air Force, pesawat C-47A-1-DK Skytrain / Dakota III, versi militer DC-3, diproduksi di Kota Oklahoma di Amerika pada tahun 1943. Pada bulan Januari 1944, pesawat itu dipindahkan ke Angkatan Udara Inggris (RAF).

Pada tahun 1944, seorang awak Polandia terbang di bawah komando Cpt. Józef Tyszka.  Pesawat ini menerima nama “Spirit of Ostra Brama” dan digunakan untuk mengangkut panglima angkatan bersenjata Polandia di Barat, Jenderal Bronisław Sosnkowski.

toronto.msz.gov.pl

Pada tahun 1946, pesawat itu dijual ke maskapai penerbangan Trans Canada Airlines (TCA) Kanada dan dikonversi menjadi pesawat penumpang sipil di Canadair. Dengan registrasi CF-TES, ia terbang bersama TCA hingga April 1963.  Kedatangannya di Winnipeg adalah operasi DC-3 terakhir dengan skama warna perusahaan penerbangan ini.

Facebook Comments