For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

MiG-21 India Jatuh di Dekat Perbatasan Pakistan

Sebuah MiG-21 Angkatan Udara India (IAF) jatuh di luar kota Bikaner, India, sekitar 100 km dari perbatasan Pakistan Jumat 8 Maret 2019.

Militer India mengkonfirmasi bahwa jet tempur itu jatuh saat menjalani misi rutin dan pilot selamat dengan menggunakan kursi pelontar.

“[Sore ini] sebuah pesawat MiG-21 pada misi rutin jatuh setelah mendapatkan udara dari [Pangkalan Udara] Nal dekat Bikaner. Pilot pesawat melontarkan diri dengan selamat. Tim akan menyelidiki penyebab kecelakaan itu. ”

Alasan kecelakaan itu belum ditentukan, meskipun seorang pejabat pertahanan menyatakan itu mungkin akibat serangan burung.

Foto-foto yang belum dikonfirmasi dari tempat kejadian menunjukkan apa yang tampak sebagai sisa-sisa pesawat, dikelilingi oleh penonton dan pemadam kebakaran.

MiG-21 adalah jet tempur tua yang pertama kali diperkenalkan ke Angkatan Udara Soviet pada tahun 1959, dan diekspor ke berbagai negara di dunia pada tahun-tahun berikutnya. Angkatan Udara India telah memperbarui versi pesawat, yang dikenal sebagai MiG-21bis, yang diproduksi hingga 1985, dan yang diharapkan akan pensiun pada awal 2020-an.

Jet tempur ini sempat menjadi pemberitaan setelah salah satu ditembak jatuh di wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan dan pilotnya ditahan meski kemudian dilepas kembali. India juga mengklaim bahwa salah satu MiG-21 mereka menembak jatuh F-16 milik Pakistan. Namun hal ini dibantah oleh Pakistan yang mengatakan mereka tidak menggunakan jet tempur buatan Amerika tersebut saat terjadi pertempuran udara beberapa waktu lalu.

Sejauh ini tidak ada bukti fisik yang secara jelas menunjukkan bahwa F-16 Pakistan memang ditembak jatuh.

Facebook Comments