For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Pasukan Afghanistan dan Taliban Bertempur Memperebutkan Pangkalan Militer

Pasukan militer Afghanistan

Sedikitnya sembilan gerilyawan Taliban termasuk tiga pelaku bom bunuh diri terbunuh oleh pasukan Afghanistan yang mengadang kelompok militan tersebut memasuki pangkalan militer di selatan Afghanistan.

Pihak bewenang Afghanistan  mengatakan pertempuran terjadi Jumat 1 Maret 2019. Pasukan tentara Maiwand 215 yang berada di Provinsi Helmand diserang pada Jumat pagi. Pejabat militer mengatakan ini adalah serangan ketiga yang dilakukan Taliban dalam upaya menyerbu instalasi strategis militer selama 48 jam.

“Tentara Pasukan Maiwand 215 Afghanistan menghentikan Taliban yang berusaha menguasai kompleks militer, kami melaporkan ada enam tentara kami yang gugur dalam bentrokan tersebut,” kata pejabat tersebut tanpa bersedia menyebutkan namanya.

Dua petugas keamanan lainnya membenarkan bahwa anggota pasukan asing di pangkalan tersebut aman karena Taliban tidak berhasil menerobos tembok markas.

Amerika memiliki 14.000 tentara di Afghanistan sebagai bagian dari misi yang dipimpin NATO, dan secara terpisah juga terdapat misi kontra-terorisme AS yang bertugas langsung melawan kelompok-kelompok militan seperti ISIS dan Alqaida.

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan kepada kongres bulan lalu untuk rencananya mengurangi jumlah pasukan dari Afghanistan sementara para perunding membuat kemajuan dalam perundingan dengan pemberontak Taliban, dengan mengatakan “negara besar tidak memerangi perang tiada akhir.” Selain itu ada 8.000 pasukan dari 38 negara yang memberikan pelatihan dan dukungan bagi pasukan Afghanistan.

Helmand tampak menjadi sasaran strategis bagi para milisi karena provinsi yang luas membentang itu menyediakan pasokan opium gelap.

Dalam masa intervensi internasional lebih dari satu dasawarsa, Helmand merupakan tempat yang paling mematikan bagi pasukan asing, menewaskan hampir 1.000 nyawa.

Seorang perwira Afghanistan menyebutkan bahwa seorang pengebom bunuh diri meledakkan dirinya di dalam ruang makan di dalam maskas ketika bentrokan terjadi.

Taliban mengatakan para pejuangnya terlibat bentrok dengan pasukan Amerika dan Afganistan di pangkalan Shorab, Provinsi Helmand. “Bentrokan keras terus berlangsung dan puluhan pasukan asing terbunuh dan terluka,” kata Qari Yousuf Ahmadi, juru bicara Taliban.

Petugas keamanan di Kabul mengatakan bentrok antara Taliban dan pasukan pemerintah yang didukung pasukan asing belum surut kendati AS dan Taliban mengadakan perundingan di Qatar untuk mencari jalan keluar guna mengakhiri perang Afghanistan.

Pasukan Afghanistan pada pekan lalu menggagalkan serangan Taliban di Provinsi Zabul, menewaskan 28 petempur Taliban dan sedikitnya 15 anggota pemberontak terbunuh dalam serangan udara oleh Angkatan Udara Afghanistan di Provinsi Kandahar, kata seorang petinggi keamanan.

Facebook Comments