For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Video Yang Diduga Dogfight Jet Tempur India dan Pakistan Beredar

F-16 Pakistan

Sebuah vedio yang diduga adalah dogfight antara jet tempur India dan Pakistan beredar secara online. Wartawan India Ajay Jandyal telah memposting video tersebut di Twitter dengan mengatakan bahwa F-16 Pakistan terlibat dalam pertempuran tersebut.

Keaslian video belum dikonfirmasi oleh India atau Pakistan. Dalam rekaman itu terlihat ledakan di udara yang diduga saat rudal F-16 menembak jatuh MiG-21 India. Namun rekaman ini tidak bisa menunjukkan pesawat itu sendiri karena diambil dari jarak yang cukup jauh.

Pada saat yang sama, beberapa pengguna Twitter mempertanyakan klaim Jandyal bahwa rekaman tersebut benar-benar menunjukkan pilot pesawat India MiG-21 yang jatuh.

Video itu dirilis di tengah pernyataan India bahwa mereka memiliki bukti Pakistan mengirimkan jet tempur F-16 dalam pertempuran tersebut. Tujuan India jelas yakni untuk mengganggu hubungan Pakistan dan Amerika.

Untuk membuktikan klaimnya India juga menunjukkan bagian rudal AMRAAM yang ditembakkan dari F-16 yang ditemukan dari Rajouri di Kashmir.

Pertempuran udara terjadi pada 27 Februari setelah India melakukan serangan udara terhadap fasilitas di Kashmir yang diklaim milik kelompok Jaish-e-Mohammad. Kelompok ini disalahkan India karena bertanggung jawab atas pemboman mematikan 14 Februari di Kashmir yang menewaskan 40 petugas paramiliter India.

Facebook Comments