For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

US Navy Berencana Pensiun USS Harry S Truman 25 Tahun Lebih Cepat

Kapal Induk USS Truman

Muncul kabar mengejutkan bahwa Pentagon memiliki rencana untuk memangkas armada pengangkutnya dari 11 sekarang menjadi 10.

Kapal induk Kelas Nimitz USS Harry S Truman kemungkinan akan dipensiun pada tahun 2024 atau 25 tahun lebih awal dari rencana semula.

Langkah itu sebagaimana dilaporkan Breaking Defense Kamis 28 Februari 2019 akan membantu Angkatan Laut Amerika menghemat sekitar US$ 30 miliar atau sekitar Rp 421 triliun selama dua setengah dekade. Breaking Defense mencatat, menambahkan bahwa berita itu akan diumumkan pada pertengahan Maret sebagai bagian dari rencana anggaran tahun 2020 hingga 2024.

Keputusan untuk pensiun dari USS Truman lebih awal mungkin akan memicu kemarahan di Kongres Amerika. “Saya tidak bisa membayangkan ini akan berakhir dengan baik,” kata seorang staf Hill kepada Breaking Defense. Anggota parlemen sebelumnya telah mensyaratkan Angkatan Laut Amerika memiliki setidaknya 11 kapal induk.

Namun seorang juru bicara Pentagon menolak untuk mengkonfirmasi pensiunnya USS Truman, ini dan mencatat bahwa Departemen Pertahanan tidak dapat berspekulasi pada masalah anggaran pra-keputusan.

Dengan kapal yang pensiun lebih cepat dibandingkan kedatangan kapal baru, staf Hill mengatakan “tidak hanya armada tidak akan mencapai 12 setiap saat selama 30 tahun ke depan, kekuatan kapal induk akan berjumlah sembilan kapal untuk mayoritas tahun 2040-an.”

Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh kolumnis Washington Post, David Ignatius, yang menulis tentang pernyataan Penjabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan.

“Rencana menyerukan untuk membeli dua kapal induk baru, pembelian yang sangat mahal dari apa yang dikatakan oleh para kritikus adalah platform yang rentan. Shanahan menentang membeli kapal induk dalam debat internal, tetapi menghadapi oposisi, ia memutuskan untuk kompromi: Angkatan Laut akan menunda rencana untuk merehabilitasi salah satu kapal induk yang berpotensi menghemat sebanyak US$ 4 miliar, “tulis Ignatius pada Selasa.

Tidak jelas mengapa Washington Post dan Breaking Defense memiliki angka berbeda tentang berapa banyak uang yang bisa dihemat.

Tidak jelas juga kenapa USS Harry S. Truman yang dipilih untuk pensiun cepat. Kapal tersebut selama ini lebih banyak dikerahkan di wilayah Armada 5 Amerika dan mendukung Resolve Inherent di Irak dan Suriah. Kapal ini juga melakukan serangan pertama ke ISIS pada 2014.

Facebook Comments