For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Trump-Kim Gagal Capai Kesepakatan

Donald Trump dan Kim Jong un di Vietnam/VNE

Pertemuan antara Presiden Amerika Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong un di Hanoi Vietnam gagal mencapai kesepakatan yang menggembirakan. Trump bersikukuh tidak akan mencabut sanksi seperti yang dituntut Korea Utara.

Donald Trump menekankan bahwa selama pembicaraan dengan Kim Jong-un, mereka gagal mencapai kesepakatan karena tuntutan Korea Utara untuk mencabut sanksi.

“Pada dasarnya, mereka ingin sanksi dicabut seluruhnya, tetapi kami tidak bisa melakukan itu, ┬ákami harus meninggalkannya,” kata Trump kepada wartawan setelah pembicaraan puncak sebagaimana dilaporkan Reuters Kamis 28 Februari 2019.

“Semua sanksi akan tetap ada,” tambah Trump. Dia juga menyatakan harapan bahwa akhirnya Amerika Serikat dan Korea Utara akan menjadi teman, mencatat potensi ekonomi negara itu.

Trump menekankan bahwa dia benar-benar ingin mencabut sanksi terhadap DPRK. “Saya lebih suka melakukannya dengan benar daripada melakukannya dengan cepat,” tambahnya.

Menanggapi pertanyaan tentang apakah para pihak sepakat untuk mengadakan pertemuan puncak ketiga, Trump berkata, “Tidak. Mari kita lihat apa yang akan terjadi. Saya tidak memberikan komitmen.”

Berbicara pada konferensi pers setelah perundingannya dengan Kim Jong-un, Trump mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara telah berjanji kepadanya bahwa ia tidak akan melakukan uji coba nuklir. Amerika Serikat juga akan dapat melakukan inspeksi ke situs-situs nuklir Korea Utara.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, berbicara pada konferensi pers, mengatakan bahwa Amerika telah meminta Kim Jong-un untuk melakukan lebih banyak, tetapi dia tidak siap.

Mike Pompeo menyatakan harapannya bahwa pada akhirnya akan mungkin untuk mencapai denuklirisasi DPRK.

“Saya masih optimis. Saya berharap bahwa tim (negosiator) akan bertemu dalam beberapa hari dan minggu mendatang. Saya berharap bahwa ketika kami bekerja dalam beberapa hari dan minggu mendatang, kami akan membuat kemajuan dan akhirnya mencapai apa yang diinginkan seluruh dunia – denuklirisasi Korea Utara, ” kata Pompeo kepada wartawan saat KTT berakhir.

Menurut Pompeo, Amerika lebih dekat untuk mencapai kesepakatan dengan Korea Utara daripada sebelumnya.

KTT Amerika -Korea Utara di ibukota Vietnam dimulai pada hari Rabu dengan pertemuan singkat dan makan malam antara kedua pemimpin.

 

Facebook Comments