For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Tampilan Jelas F-117 Yang Tetap Terbang Setelah Satu Dekade Pensiun

F-117 terdeteksi masih terbang di Tonopah/Combat Aircraft

Bukan rahasia lagi F-117 masih terbang setelah lebih dari satu dekade secara resmi pensiun atau tepatnya April 2008. Pesawat-pesawat ini sebagian disimpan di Bandara Tonopah Test Range.

Namun selama ini foto-foto dari F-117 yang masih terbang ini diambil dari jarak jauh hingga kualitasnya sangat rendah. Hingga akhirnya Combat Aircraft memperoleh foto yang paling jelas dari pesawat yang dibangun Lockheed Martin tersebut.

Dipotret pada 26 Februari F-117A ini terbang di Kompleks-R  2508 dekat Death Valley di California selatan. Pesawat terbang di tingkat rendah dan dikawal oleh sepasang F-16, yang tampaknya memberikan perliundungan pesawat siluman tersebut.

Combat Aircraft

Berbagai laporan dan foto-foto yang beredar selama ini mengindikasikan bahwa enam F-117 tetap aktif dari rumah mereka di Tonopah, Nevada. Meskipun USAF tidak secara resmi mengakui hal ini, mereka juga tidak berusaha untuk menyembunyikan fakta, mengingat bahwa jet telah terlihat terbang di siang hari bolong,  pada kesempatan yang lama.

Ketika Angkatan Udara Amerika secara resmi mempensiun F-117A Nighthawk pada tahun 2008, sebanyak 52 pesawat ditempatkan di rumah asalnya di Tonopah Test Range (TTR) di lapangan terbang Nellis Test and Training Range (NTTR) di Nevada. Satu pesawat sejak itu dihancurkan untuk menunjukkan teknik pembuangan pesawat jenis tersebut.

Combat Aircraft

F-117 secara resmi disimpan di penyimpanan Type 1000 yang menunjukkan bahwa mereka dipertahankan dalam status dapat dipanggil kembali ke layanan aktif, jika diperlukan. Pesawat Type 1000 disebut ‘tidak dapat diganggu’, yang berarti mereka memiliki potensi tinggi untuk kembali ke status terbang dan tidak ada bagian yang dapat dihapus dari mereka.

Combat Aircraft

USAF menyatakan bahwa pesawat dapat diaktifkan kembali dalam waktu 30 hingga 120 hari tergantung pada berapa lama pesawat tersebut berada dalam penyimpanan.

Tidak jelas mengapa sebagian kecil F-117 dipertahankan dalam status terbang, tetapi kemungkinan terkait pengujian operasional di NTTR.

 

Facebook Comments