For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Dua Kapal Induk China Manuver Bersama, Sebagian Laut Kuning Diblokade

Kapal Induk Type 001 China/DFIC

Pihak berwenang China mengatakan bahwa sebagian Laut Kuning akan ditutup dari lalu lintas minggu depan karena akan digunakan untuk manuver dua kapal induk China yakni Type 001A yang belum disebutkan namanya dan Liaoning. Keduanya untuk pertama kalinya akan melakukan tes bersama-sama.

South China Morning Post melaporkan Rabu 27 Februari 2019, penutupan akan dilakukan dari 3 Maret hingga 6 Maret.

“Orang-orang yang ingin melewati bagian Laut Kuning, yang berada di antara bagian China dan Semenanjung Korea, perlu membuat rencana lain: Administrasi Maritim Liaoning mengatakan akan ada  zona larangan di sana, yang akan digunakan untuk keperluan militer,” tulis SMCP.

Kapal Induk China Liaoning /ABC

Kedua kapal memiliki kemampuan baru untuk diuji. Type 001A sedang menjalani serangkaian uji coba laut terakhir sebelum secara resmi masuk layanan yang direncanakan akan bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-70 Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China, sementara Liaoning mulai melaut untuk pertama kalinya sejak Agustus 2018, ketika rekonstruksi pusat komandonya dimulai.

Global Times China melaporkan pada hari Minggu bahwa Liaoning telah berangkat dari kota utara Dalian ke lautan.

Liaoning seberat 58.000 ton itu awalnya adalah kapal induk kelas-Kuznetsov Uni Soviet Varyag yang tidak selesai dibangun setelah Uni Soviet runtuh pada tahun 1991. Kapal yang diwarisi oleh Ukraina itu kemudian dijual ke China pada tahun 1998.

Beijing menghabiskan 10 tahun menyelesaikan kapal tersebut dan secara resmi ditugaskan pada tahun 2012. Selama ini Lianoning digunakan sebagai kapal pelatihan.

Sedangkan Type 001A,  adalah kapal induk pertama yang dibangun sendiri oleh China dan hampir merupakan salinan Liaoning, dengan beberapa peningkatan dan tambahan. Satu perbedaan utama adalah bahwa Tipe 001A jauh lebih berat dengan bobot 70.000 ton.

“Kapal ini akan segera memasuki layanan, dan dalam persiapan untuk itu, ia harus melalui sejumlah manuver, tinggal landas dan mendarat dengan pesawat berbasis kapal,” kata pakar Angkatan Laut Li Jie kepada SCMP tentang Tipe 001A.

Facebook Comments